Gaungriau.com (SIAK) -- Keasrian dan kehijauan negeri bekas kerajaan serta memelihara berbagai bangunan warisan, seperti nya memberi kesan yang positif atas keberhasilan Pemerintah setempat yang telah berhasil memoles keindahan kota Siak.

Seperti yang disampaikan Walikota Bogor Bima Arya yang menyampaikan kekagumannya atas keindahan kota istana dan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga aset warisan leluhur.

"Kami sangat kagum dengan keindahan alam dan aset pusaka di Siak yang betul-betul dijaga dengan baik. Komitmen dari Pak Bupati terhadap kota warisan pusakanya sangat luar biasa" Kata Bima Arya di kantor Bupati Siak, Senin 21 Desember 2020.

Bima mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Siak untuk mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke VIII.

"Selaku tuan rumah tahun depan, saya harus datang ke Siak untuk belajar banyak dari Siak atas suksesnya penyelenggaraan Rakernas JKPI ini" ujarnya.

Selanjutnya dirinya akan mempelajari semua rekomendasi dari hasil Rakernas JKPI tersebut, dan akan menindaklanjuti secara bersama pada saat pra Rakernas di Aceh mendatang.

"Mudah-mudahan Kota Bogor bisa melanjutkan kesuksesan ini tahun depan,"harapnya.

Bima mengatakan bahwa pelaksanaan Rakernas di Bogor akan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Oleh karena itu pihak akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

"Pelaksanaan Rakernas ini tahun depan bersamaan dengan ulang tahun kota Bogor dan tentunya kehadiran Presiden Jokowi sangat kita harapkan," jelasnya.

Ditempat yang sama Bupati Siak Alfedri menambahkan, rencana pelaksanaan Rakernas JKPI IX pada bulan Juni 2021. Kemudian pihak JKPI akan memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi sebagai deklarator jaringan kota pusaka.

"Rencananya tahun depan kami akan memberikan penghargaan kepada Bapak Presiden selaku inisiator dan Ketua Pertama JKPI ini" jelas Alfedri.

Selanjutnya kata Alfedri, Ketua Presidium JKPI akan teruskan oleh Walikota Bogor sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas tahun depan.**(jas)