Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru Sabtu 2 Januari 2021 menyelenggarakan kegiatan Gowes dan jalan santai dalam rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama RI tahun 2021.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 7.30 WIB ini disambut antusias keluarga besar Kemenag Kota Pekanbaru. Terlebih kegiatan ini menyediakan 15 buah sepeda, Al-quran, Kompor Gas dan lainnya sebagai doorprize. Adapun rute untuk Gowes ini star dan Finish di Kantor Kemenang Kota Pekanbaru.

Selain dihadiri Kepala Kemenag Kota Pekanbaru Dr. H. Edwar S Umar, MAg, Kesubag Tata Usaha Kemenag Pekanbaru sekaligus Penanggungjawab Kegiatan H. Abdul Wahid, SAg, M.Ikom dan jajaran pejabat serta karyawan Kemenag Pekanbaru lainnya, ikut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Kota Pekanbaru M. Jamil, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Rektor UIN Suska Riau diwakili oleh Ahmad Supardi Hasibuan, perwakilan sponsor dan para Kepala Sekoalh dibawah naungan Kemenag beserta keluarganya.

Sekda Kota Pekanbaru M. Jamil menyebut kegiatan Gowes dan jalan santai yang dilaksanakan Kemenag Pekanbaru ini merupakan bagian dari upaya untuk menyehatkan tubuh dan meningkatkan tali silaturrahmi diantara sesama keluarga besar Kemenag.

"Terlebih ditengah kondisi negeri kita khususnya dan negara-negara di dunia yang tengah dilanda pandemi Covid-19, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, kita berharap dengan rajin berolahraga, tubuh kita akan bisa terhindar dari berbagai penyakit, terutama ditengan pandemi Covid-19 saat ini," harap Sekda.

Dia juga menyabut sejauh ini Kemenag telah banyak membantu pemerintah Kota Pekanbaru dalam mensukseskan berbagai program pembangunan, terutama dibidang keagamaan dan juga bidang pendidikan. "Kita berharap kedepan tentu kerjasama yang telah terjalin ini akan bisa terus terjaga dan juga hendkanya bisa ditingkatkan lagi," ungkapnya.

Sementara Kepala Kemenag Kota Pekanbaru Edwar S. Umar menegaskan berbagai raingkain kegiatan yang dilaksanakan Kemenag Kota Pekanbaru dalam memeriahkan HAB Ke-75 Kementerian Agama RI tahun ini tetap menggunakan protokol kesehatan.

"Walau masih dalam setuasi pandemi Covid-19, kita tetap melakukan beberapa kegiatan sebagai bukti kecintaan dan tetap menjaga semangat pelayanan kementerian agama kepada masyarakat Pekanbaru khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata Edwar.

Dia menyebut tujuan dari pelaksanakan sepeda santai dan jalan santai hari ini adalah bagian dari menghilangkan stres ditengah kondisi saat ini. "Alhamdulillah tadi dapat sama-sama kita saksikan bagaimana peserta bisa rilek dan santai, dan dengan berolahraga kita juga akan menjadi sehat. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu," ujarnya.

Edwar menambahkan, rangkaian kegiatan meneymarakkan HAB ke-75 tahun dilingkungan Kemenag Pekanbaru lainnya yang akan dilaksanakan adalah, yakni besok Ahad 3 Janauri 2021 akan dilaksanakan upacara bendera dihalaman Kemenag Pekanbaru, dimana HAB Kemaneg ini jatuh pada 3 Januari.

Dan pada Senin 4 Januari, bekerjasama dengan PMI Koat Pekanbaru, menurutnya akan dilaksanakan bakti sosial donor darah. Dan terakhir akan dilaksanakan kegiatan tabligh akbar.

"Untuk kegiatan donor darah Kita menghimbau kepada kelaurga besar Kemenag untuk dapat mengikuti kegiatan donor darah ini, karena selain bisa menyumbangkan darah untuk yang membutuhkan, panitia juga menyediakan doorprioze sepada dalam kegiatan ini," pungkasnya.**(mad)