• Zufra Irwan (kiri), Dheni Kurnia (Kanan) bersama Bupati Inhil HM Wardan

Gaungriau.com (JAKARTA) -- Menerima penghargaan Press Card Number One (PCNO) dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT PWI Ke-75 yang dipusatkan di Candi Bentar Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Selasa 9 Februari 2021, Dua wartawan senior Riau, H Dheni Kurnia dan Zufra Irwan menyampaikan rasa bangganya atas pemghargaan yang diserahkan
secara simbolis oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Dalam Peringatan HPN 2021 di Jakarta tersebut, selain Dheni Kurnia dan Zufra Irwan, juga terlihat Bupati Indragiri Hilir HM Wardan hadir didampingi Kadis Kominfo Pers Inhil Trio Beni Putra. Orang nomor satu di negeri hamparan kelapa itu yang mendapat kehormatan dari PWI Pusat untuk menghadiri langsung HPN di Jakarta mengungkapkan kebanggaannya atas anugerah Kartu PCNO yang diterima dua wartawan senior Riau tersebut.

"Semoga penghargaan itu akan menjadi motivasi bagi rekan-rekan wartawan yang lain untuk menjalankan profesinya secara profesional, menjunjung tinggi etika pers dan dengan kode prilaku wartawan," harap Wardan.

Sementara Wartawan Senior Riau Zufra Irwan juga mengaku sangat terharu dengan penghargaan kartu PCNO yang diberikan PWI Pusat. "Penghargaan ini, bagi saya sungguh tak ternilai harganya. Karena kartu ini diberikan kepada wartawan yang benar-benar profesional dan berintegtitas tinggi," ungkap Zufra yang telah berkarir sebagai wartawan sejak awal 90-an silam.

Zufra Irwan lebih jauh mengungkapkan, Kartu PCNO ini juga merupakan pengakuan organisasi wartawan Indonesia terhadap eksistensi profesi yang dijalankannya.

"Ini juga pengakuan (organisasi) bahwa saya benar-benar menjalankan kode etik, UU Pers dan kode prilaku wartawan dengan baik," ungkap Zufra yang juga anggota Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Riau.

Seorang penerima PCNO, kata Zufra, tidak pernah tersangkut kasus-kasus menyangkut pengkhianatan kepada organisasi, bangsa dan profesi.

Pengakuan ini juga membuktikan pada masyarakat, bahwa dirinya benar-benar seorang wartawan yang menjalankan tugas dengan profesional sesuai dengan etika dan adat istiadat Bangsa Indonesia.

"Saya sudah 31 tahun jadi wartawan dan tentu saja bangga mendapatkan pengakuan seperti ini," kata pria berkumis yang pernah menjadi Pemimpin Redaksi sejumlah media cetak di Riau sebelum cuti dari tugas-tugas kewartawanan karena diamanahkan memimpin lembaga negara non-struktural, Komisi Informasi Provinsi Riau.

Jadilah Wartawan Profesional

Komentar hampir senada juga dilontarkan wartawan senior Riau H Dheni Kurnia dalam kesempatan yang sama. "Ini adalah puncak pengakuan organisasi wartawan profesional kepada saya," kata mantan Ketua PWI Riau dua periode yang kini diamanahkan menjadi Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Riau dan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Riau tersebut.

Dheni juga berharap ke depan dan HPN mendatang, akan lebih banyak lagi wartawan-wartawan di Riau yang bisa mendapatkan PCNO. "Tentu dengan catatan; jadilah wartawan profesional tanpa melanggar etika pers dan kode prilaku wartawan," harap Dheni Kurnia.

Tahun ini selain Dheni dan Zufra, total ada tiga wartawan senior Riau yang menerima Press Card Number One. Satu lainnya adalah Raja Isyam Aswar, yang juga pimpinan media Genta Riau dan Ketua SIWO PWI Riau. Sedangkan secara nasional pada HPN 2021 terdapat sembilan wartawan yang dianugerahi PCNO oleh PWI Pusat.**(rls)