PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Sebanyak 24 Walikota yang tergabung dalam Muskomwil Regional I APEKSI se - Sumatera dilaksanakan penanaman l pohon dikomplek perkantor Walikota Pekanbaru, Jumat 2 Februari 2018.

Setidaknya ada 24 tanaman khas dari daerah masing-masing Walikota yang ditanam. Meski demikian, penanaman ini tetap menyesuaikan dengan iklim Kota Pekanbaru.

Wali kota Pekanbaru, Firdaus selaku tuan rumah Muskonwil I Apeksi tahun 2018 ini berkesempatan menanam pohon Pulasan. Sebagai mana diketahui, tanaman ini terbilang langka dan berciri fisik seperti buah rambutan namun tidak mempunyai rambut seperti rambutan pada umumnya.

"Penanaman pohon ini, merupakan agenda wajib yang dilakukan dimanapun APEKSI diselenggarakan. Tujuannya agar masyarakat peduli terhadap pelestarian tanaman khas daerah serta menjaga lingkungan agar tetap hijau," ujar Firdaus.

Sementara itu, Ketua umum APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diany yang merupakan Wali Kota Tangerang Selatan, berkesempatan menanam Pohon Tampui. Dimana tanaman Tampui ini bernama latin Baccaurea Macrocarpa. Pohon ini juga merupakan pohon langka dan sangat sulit dicari dan jarang didapatkan.

Diikuti oleh peserta lain, sepeti Wali Kota Binjai menanam rambutan yang terkenal berkulit lekang dan manis. Wali Kota Bandah Aceh dengan pohon Jeumpo serta Wali Kota Medan denga jambu Jamaikanya.**(mad)