PEKANBARU -- gaungriau.com -- Tak dapat menyembunyikan rasa bangga dan harunya, Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL mengapresiasi prestasi Tim Futsal Putri UIR yang keluar sebagai Juara IV Liga Mahasiswa Futsal 2018 di GOR STTD Cibitung Bekasi, 7-16 Desember.

''Walau kita meraih posisi keempat tapi prestasi itu sudah sangat luar biasa apalagi untuk pertama kali, kita bisa menembus semi final dan kalah melawan Universitas Pendidikan Indonesia. Sungguh saya bangga. Menjadi juara di Sumatera saja saya senangnya minta ampun apalagi masuk ke semi final nasional,'' kata Syafrinaldi yang usai shalat Jumat langsung menerima kedatangan Manager Zulrafli bersama tim di Gedung Rektorat Kampus UIR Pekanbaru.

Turut mendampingi Rektor, Wakil Rektor I Dr Syafhendry, Wakil Rektor II Ir Asrol dan Wakil Rektor III Ir Rosyadi. Selain itu Kepala BPPA Dr Thamrin S bersama Sekretaris Fahridar Hasibuan, Kepala Biro Keuangan Azwirman, Kepala BAAK Ir Akmar Effendi, Kepala Kantor International Office Dr Husnul Kausarian dan Kabag Humas Dr Syafriadi.

Dari Tim Futsal, disamping Zulrafli hadir pula Ricky Fernando (Pelatih), Abdi Ramadhan (Asisten Pelati), Muspita (Official), Nova Risma (Official) dan seluruh pemain.

Menurut Rektor, prestasi Tim Futsal Putri di tingkat nasional menjadi bukti sejarah bagi UIR dan Riau bahwa kemampuan anak-anak UIR tak kalah dengan pemain-pemain futsal nasional yang memperkuat sejumlah universitas terkemuka.

''Silakan anak-anak terus dibina supaya mereka berprestasi lebih baik lagi. Tapi kuliah jangan ditelantarkan,'' pesan Rektor, Jumat 21 Desember 2018.

Tim Futsal Puteri UIR berlaga ke Liga Mahasiswa Nasional mewakili Pulau Sumatera. Menurut Zulrafli, ada 14 perguruan tinggi dari masing-masing zona. Ke-14 tim itu adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Budi Luhur, Universitas Padjadjaran, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Riau, Universitas Brawijaya dan STIKIP Pasunda.

Diakui, pengalaman berlaga di tingkat nasional merupakan kali pertama diikuti Tim Futsal Puteri. Tapi dengan semangat tinggi, anak-anak berhasil melewati babak penyisihan dengan baik. Lalu melaju ke semi final.

''Dalam lima tahun berturut-turut empat besar itu tak bergeser dari 4 tim yang sudah punya nama besar besar, bahkan ada tim yang diperkuat sejumlah pemain nasional. Alhamdulillah, UIR bisa masuk walau pada akhirnya kalah melawan UPI,'' kata Zulrafli. Adapun Juara I UPI, Juara II UNJ dan Juara III UNYogyakarta.

Selain mengantongi juara keempat, Tim UIR juga dinobatkan sebagai Best Management. ''Mudah-mudahan prestasi tahun berikutnya lebih baik dari tahun ini,'' ujar Dosen FKIP UIR ini.**(rls)