BAGANSIAPIAPI -- Syukuran Peresmian Puskesmas Bangko Bagansiapiapi, ditandai denganpemotongan seekor kerbau oleh Pemda Rokan Hilir. Hal ini dilakukan sebagai rasa syukurkarena telah berdirinya pembangunan Puskesmas Bagansiapiapi yang menelan biaya darianggaran DAK sebesar Rp.5,4 miliar.

Saat pemotongan kerbau tersebut hadir Ketua DPRD Rohil, H. Nasruddin dan kepala Dinaskesehatan Rokan Hilir Hj. Dahniar M. Kes serta ketua LAM Rokan Hilir H. Rasid Abizarserta kepala Puskesmas Bagansiapiapi Dr. Erwinto dan seluruh pegawai puskesmas BangkoSenin 7 Januari 2019.

Dalam keterangan Pers Ketuaa DPRD Rohil didampingi ketua LAM Rohil mengatakanmengucapkan terima kasih kepada pemda Rokan Hilir. "Sebagai ketua DPRD Rokan Hilir sayasebagai penyambung lidah masyarakat terutama dalam bidang kesehatan kita patutmengapresiasi bahwa kita telah mendapatkan bantuan puskesmas yang cukup megah ini," kata Dia.

Menurut Nasruddin, pemerintah pusat pada tahun 2019 akan pemerintahan RokanHilir rencananya kembali akan mendapat bantuan dana DAK dari kementrian kesehatan yangdirencanakanakan dibangun Puskesmas yang megah di batu 6 sebagai penunjang pariwisataserta dikecamatan pujud nantinya.

"Maka dari rasa syukur itu kami dari angota legislatif menyampaikan kepada bapak Bupatiuntuk mengadakan sukuran terhadap puskesmas Bagansiapiapi ini, karena dizaman yang sulitini Alhamdullilah kita dapat menyelesaikan pembangunan Puskesmas ini," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir Hj. Dahniar M. Kes meyampaikan bahwa pembangunanpuskesmas ini tidak terlepas dari kerjasama semua elemen baik itu pemerintah daerahmaupun pusat, sebagai penunjang sarana dan presarana kesehatan, dinas kesehatan KabupatenRokan Hilir memperbaiki sistem dimana baik itu rumah sakit mauoun puskesmas sudahterakreditasi sebagai pelayanan masyarakat.

Rangkaian peresmian puskesmas ini dimulai hari ini yaitu pemotongan kerbau, Insyaallah
puskesmas Bagansiapiapi ini besok akan diresmikan langsung oleh bapak bupati Rohil H.Suyatno.

"Kita ketahui puskesmas ini sudah berdiri sejak tahun 1976 dengan beriringnya waktuperemajaan demi peremajaan dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir, yangmana bentuk puskesmas pertama seperti rumah panggung dan seiring besarnya kebutuhanpelayanan maka pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir melakukan peremajaan yangdifungsikan sebagai memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat," kata Dia.

Ditambahkannya dengan kehadiran Puskesmas ini, pelayanan kesehatan yang selama ini sudahbaik. Dirinya meminta untuk lebih meningkatkan lagi.

"Intinya pelayanan tidak berbeda, asal ada orang yang datang untuk berobat mari cepat dilayani,"tambah Dahniar.**(zai)