Gaungriau.Com (DUMAI) -- PT Cevron lakukan sosialisasi terkait zona aman kepada masyarakat Bukit Nenas, sosialisasi yang di laksanakan pada Senin 16 September 2019 ini di pusatkan di gedung pertemuan Kecamatan Bukit Kapur.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Camat Bukit Kapur Bustamam, didampingi Lurah Bukit Nenas Abdul Gani Ketua RT Kelurahan Bukit Nenas, para tokoh masyarakat dan warga sekitar yang bermukim dilokasi area lintasan pipa minyak Chevron, para tamu dan undangan lainnya.

Perwakilan Manajemen PT Chevron Selamat Irianto mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait keberadaan zona aman minimum di jalur lintasan pipa minyak Chevron.

Dikatakan, pemasangan zona aman ini sebagai wujud penataan sekaligus upaya antisipasi dan keselamtan terhadap kemungkinan terburuk yang berpotensi terjadi di jalur lintas pipa minyak tersebut.

“Mengingat dan mempertimbangkan sejauh ini telah banyak terjadi insiden ledakan pipa di sejumlah negara penghasil minyak bumi maka dipandang perlu melakukan langkah antisipasi di sepanjang lintasan pipa minyak Dumai-Minas ini. Kita berharap semua kalangan dan masyarakat yang berada di sekitar lintasan pipa minyak ini dapat memahami betapa pentingnya zona aman ini,” kata Selamat.

Dia menambahkan, bahwa pelaksanaan zona aman ini telah melewati kajian teknis dan sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Dumai bahwa pelaksanaan zona aman di jalur pipa ini sudah layak dilakukan mengingat kondisi pipa sudah berusia puluhan tahun.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap diawali dengan sosialisasi di jalur lintasan pipa, lalu tim kami akan lakukan pendataan yang melibatkan para ketua rukun tetangga RT di kawasan jalur pipa dan yang terahir pembongkaran bangunan di area zona aman," ujarnya.

Sementara, Camat Bukit Kapur menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan mengharapkan dapat menjawab dan memberikan solusi atas persoalan yang terjadi di masyarakat yang berada di zona aman milik cevron, camat juga berharap kepada masyarakat yang berada di zona aman untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pengerjaan zona aman ini.**(lan)