• Ir Ahmad Junaidi MSi

Gaungriau.com(TEMBILAHAN) -- Komisi II DPRD Inhil menyambut baik seleksi kedua yang dilakukan Pemkab Inhil untuk menyaring sosok yang dinilai tepat untuk memimpin PT Kelapa Indragiri Hilir Gemilang (KIG). Dengan terpilih nantinya, PT KIG bisa segera beroperasi.

"Kita menyambut baik seleksi kedua ini. Diharapkan seleksi ini mampu menyaring putera- Puteri terbaik Inhil untuk memimpin KIG dengan gagasan dan ide yang mampu untuk memajukan perusahaan," ujar Aswan ST anggota Komisi II DPRD Inhil, Selasa 10 Maret 2020.

Masih menurutnya, jajaran yang duduk di PT KIG, jangan terlalu gemuk, tapi manajemen yang minimalis. Misalnya cukup dengan satu jabatan direktur ditambah beberapa orang manager. Hal itu dikarenakan dana yang dimiliki terbatas.

"Yang penting mereka mau bekerja maksimal dalam mengejar target yang dibebankan. Kalau berprestasi karier juga akan naik, sekaligus bisa membantu masyarakat petani kelapa di Inhil," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil), Ir Ahmad Junaidi MSi, latar belakang dibentuknya PT KIG adalah dalam rangka menjawab keinginan masyarakat petani atas fluktuasi harga kelapa yang saat ini terus terjadi. Artinya masyarakat banyak berharap dengan keberadaan PT KIG.

"Pertama, harapan masyarakat agar harga kelapa kembali normal, setelah terbentuknya PT KIG tersebut," papar politisi Partai Golkar Inhil ini.

Dikatakan Junaidi lagi, PT KIG yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mampu menjawab Peraturan Daerah (Perda) tentang Sistem Resi Gudang (SRG). Sebab, pelaksanaan SRG harus memiliki badan usaha, sehingga didirikan PT KIG.

Terkait dengan SRG, hendaknya menjadi perhatian yang serius. Terutama perhatian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Pasalnya, mereka sudah beberapa kali melakukan studi banding terhadap SRG.

"Apa yang menjadi tanggung jawab kita tentu akan kita upayakan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki," tutupnya.**(suf)