• Foto bersama tim Tagana Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Lurah Meranti Pandak, Babinsa dan Ketua RT RW Kel Meranti Pandak, RW dan pemuda tempatan sebelum penyemprotan disinfektan


Pekanbaru (Gaungriau.com) - Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) binaan dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru kembali aksi melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus penyebaran covid 19 di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Kali ini aksi penyemprotan bekerjasama dengan KSB Meranti Jaya, Lurah Meranti Pandak, Forum RT RW Kelurahan Meranti Pandak, Babinsa dan RW serta pemuda setempat melakukan penyemprotan di RW 2 dan RW 1 Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, karena didua daerah ini terdapat beberapa orang warga terkonfirmasi positif covid 19 bahkan ada yang meninggal dunia.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs Mahyuddin melalui Kabid Linjamsos Drs. H. Zulnawirawan, M. Si kepada Gaungriau.com mengatakan aksi penyemprotan disinfektan ini sudah beberapa kali dilakukan diwilayah Pekanbaru, dalam minggu ini saja di Kecamatan Rumbai Pesisir sudah dua kali dilakukan yakni di Kelurahan Limbungan dan Kelurahan Meranti Pandak.


"Sebenarnya penyemprotan ke rumah masyarakat yang terkonfirmasi positif dan pasilitas umum, seperti perkantoran, bukannya tugas Tagana dan Dinas Sosial, tetapi tugasnya BPBD dan Damkar, Tagana sipatnya hanya membantu yang dilakukan secara mandiri jika ada permintaan," jelas pak Zul (panggilan akrapnya).


Lurah Meranti Pandak Silfenus Hendra SH. mengatakan, penyemprotan ini dlakukan untuk menghilangkan rasa was-was, karena di wilayah Kelurahan Meranti Pandak ini tercatat ada dua orang warga yang terkonfirmasi positif covid 19, bahkan ada yang meninggal beberapa minggu lalu. "Meskipun hasil swebnya belum kita lihat bahwa mereka meninggal karena corona, namun untuk menghilangkan rasa was-was kita dan menjaga kewaspadaan kita maka penyemprotan kita lakukan dirumah warga terkonfirmasi posiatif tersebut dan beberapa rumah sekitarnya," jelasnya


Menurut mantan Lurah Muara Fajar ini, penyemprotan beberjasama dengan pengurus KSB Meranti Jaya, Ketua Forum RT RW Kelurahan Meranti Pandak, Babinsa dan RW serta pemuda setempat. "Melalui kesempatan ini kita berharap kepada warga masyarakat, khususnya warga Meranti Pandak agar dalam kondisi seperti saat ini lebih hati-hati, karena kita tahu virus ini berbahaya, maka mari selalu mengikuti protokol kesehatan dengan memakai Masker, menjaga jarak dan menghindari kumpul-kumpul yang tak perlu," katanya.


Sementara itu Ketua Forum RT RW Kelurahan Meranti Pandak Adri Resmana mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk menjawab permintaan warga, karena ada dua warga Meranti Pandak yang terkonfirmasi positif covid 19.


"Atas permintaan warga, kemarin kita buat surat ke Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan alhamdulilah hari ini Dinas Sosial dan tim Tagana turun untuk melakukan penyemprotan. Penyemprotan dilakukan di dua RW yakni RW 1 dan RW 2, karena di dua RW ini ada warga yang terkonfirmasi positif covid 19," ujarnya.


Sementara Ketua RW 02 Kelurahan Meranti Pandak Saparudin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial dan tim Tagana yang telah turun melakukan penyemprotan disinfaktan si wilayahnya. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial dan tim Tagana, karena kehadiran Dinas Sosial dan Tagana sangat membantu warga kami," katanya.


Ketua FK Tagana Kota Pekanbaru Almudasir melalui Sekjen FK Tagana Kota Pekanbaru Azwar, S.Hum mengungkapkan tim yang turun ada sebanyak 10 orang. Turut hadir Korcam Sail Adrimour, Korcam Rumpes Sodi Mendra, Korcam Sukajadi Desdeweni, Korcam Rumbai Nurpendi, Kircam Tampan Firmansyah dan Korcam Bukit Raya Helena Reza Putri serta dibantu anggota dan pengurus lainnya. (ar)