PEKANBARU (Gaungriau.com) - Sebagai wujud kepeduliannya terhadap warga masyarakat yang tertimpa musibah, Rabu (7/10/2020) Dinas Sosial Kota Pekanbaru kembali menyalurkan bantuan kebakaran di Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs Mahyuddin diwakili Kabid Linjamsos Drs. H. Zulnawirawan, M. Si, didampingi Kasi PSKBA Dinas Sosial Kota Pekanbaru Hidayat Mardianto, dan dihadiri oleh Sekcam Senapelan, Lurah Kampung Dalam Junaidi, staf Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Giat, Ketua LPM, para Ketua RT dan RW setempat, anggota Tagana Kota Pekanbaru bertempat di Kelurahan Kampung Dalam.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Drs Mahyuddin melalui Kabid Linjamsos Drs. H. Zulnawirawan, M. Si, usai menyerahkan bantuan kebakaran tersebut mengatakan, bantuan yang diberikan kepada warga korban kebakaran tersebut berasal dari APBD Kota Pekanbaru berupa sembako yakni, beras, mi instan, telor, gula, teh dan lain-lain

"Selain bantuan dari dana APBD Kota Pekanbaru, ada juga bantuan dari APBN pusat berupa, terpal, tikar plastik, kasur, peralatan dapur, pakaian anak sekolah dan peralatan lansia serta bantuan permakanan," jelasnya.

Dikatakan pak Zul (panggilan akrabnya), kejadian musibah kebakaran ini merupakan cobaan dan ujian dari Allah SWT. Untuk itu dia berharap kepada seluruh warga masyarakat di Kota Pekanbaru agar dapat berhati-hati dalam penggunaan kompor gas maupun listrik di rumah mereka masing-masing.


"Kepada warga yang mendapatkan musibah kebakaran ini saya berharap agar dapat tetap sabar karena ini adalah ujian, dan berdoa semoga Allah SWT menggantinya dengan yang lebih baik lagi. Aamiin," ujarnya.

Lurah Kampung Dalam Junaidi mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi dini hari, Senin tanggal 5 oktober 2020 tersebut menghanguskan 8 unit rumah warganya di Kampung Dalam. Dia juga berharap kepada warga mendapat musibah itu agar sabar menghadapi cobaan ini.


"Kami dari pihak masyarakat, pihak
kelurahan, LPM dan RT RW mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Pekanbaru melalui tim Tagana yang telah meringankan beban saudara kami yang mendapatkan musibah kebakaran pada dini hari Senin tanggal 5 Oktober 2020 di Kampung Dalam," katanya.


Sementara itu, ibu Deni, salah seorang warga yang mengalami musibah kebakaran tersebut mengatakan, waktu kejadian tersebut dirinya tidak berada dirumah, tetapi tidur di rumah orang tuanya yang lagi sakit. Yang tidur dirumah waktu itu anak dan suaminya.


"Tiba-tiba anak berteriak memanggil katanya api sudah besar di dapur. Jadi anak dan suami hanya bisa menyelamatkan diri sedangkan rumah dan barang hangus semuanya," katanya, sembari mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan Tagana yang telah memberikan bantuan kepada mereka.

Selain menyerahkan bantuan kebakaran ubtuk warga Kelurahan Kampung Dalam, Dinas Sosial Kota Pekanbaru juga menyerahkan bantuan yang sama di Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi dan Kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. (ar)