Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Tak henti-hentinya memikirkan kesejahteraan dan kenyamanan para pengurus dan Atlet, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis segera akan bangun Klinik kesehatan.

Jaminan kesehatan itu membuat terobosan mendirikan klinik KONI Bengkalis bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui dinas Kesehatan kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya KONI Bengkalis telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di kabupaten Bengkalis dalam bentuk keringanan biaya kuliah bagi atlet berprestasi.

"Iya, KONI Bengkalis akan mendirikan klinik kesehatan, direncanakan dalam waktu dekat akan dilakukan nota kesepahaman (MoU) antara KONI Bengkalis dengan dinas Kesehatan Bengkalis pada puncak Hut KONI pada 31 Desember 2020,"ujar Ketua KONI kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus, S kepada sejumlah wartawan, Rabu 14 Oktober 2020.

Didirikan Klinik KONI Bengkalis tersebut. Dijelaskan pria akrap disapa Ucok ini bisa dimanfaatkan seluruh keluarga besar KONI Bengkalis yang juga para atlet dan pelatih tanpa terkecuali.

"Selain MoU dengan dinas Kesehatan Bengkalis, juga dengan Rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk mengakomodir kebutuhan obat-obatan, peralataan medis dan juga dokter yang bertugas di klinik KONI nantinya," ujar Ucok lagi.

Ia juga mengatakan, untuk para atlet dan seluruh pengurus KONI Bengkalis serta pelatih tidak perlu untuk melakukan pengecekan kesehatan diluar daerah. Karena hadirnya klinik KONI Bengkalis mempermudah untuk bisa mendapat penanganan kesehatan secara cepat.

"Kedepan para atlet dan pelatih serta pengurus KONI Bengkalis tidak perlu lagi melakukan cek atau konsultasi kesehatan di luar daerah, cukup di Klinik KONI saja,” imbuh Ucok.

Selain itu, kata Ucok mengenai program pembinaan atlet setelah adanya Klinik KONI ini, para atlet bisa berkonsultasi untuk perkembangan dan pelatihan secara continue. Ditambahkanya, sehingga nantinya mengetahui cepat yang dibutuhkan para attelt guna mencapai hasil maksimal dalam pembinaan tersebut.

"Jika stamina fit, tentunya para atlet dengan mudah meraih prestasi. Kalau atlet sehat tentunya berdampak pada pertandingan, insya allah hasil prestasi berdampak peningkatan," kata Ucok.

Dijelaskan Ucok, untuk mengenai biaya apabila hanya konsultasi bahkan berobat tidak dikenakan biaya.

"Biaya konsultasi bahkan berobat gratis, dan ditanggung APBD," ujar Ucok

“Untuk tahap pertama kita akan buka praktik satu minggu satu kali, alamat prakteknya di kantor KONI Bengkalis, jalan Sri Pulau Bengkalis Kota,” sambung Ucok lagi.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra menyambut baik tujuan dan niat dilakukan KONI Bengkalis. Ia juga mengatakan, dengan adanya klinik ini nanti dan sesuai perizinannya akan dapat membantu untuk pemeriksaan kesehatan bagi atlet, pengurus dan juga pelatih.

"Benar, KONI Bengkalis bersilaturrahmi ke kita dalam rangka meminta kerjasama atas pendirian klinik di Sekretariat KONI kita akan bantu peralatan bukan saja peralatan tapi nanti kita akan bantu tenaga medisnya," ungkap dr Ersan Saputra.

Ia juga mengakui bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan menandatangani perjanjian kerja sama memorandum of understanding (MoU) bukan dengan dinas kesehatan dan juga pihak RSUD.

"MoU nanti selain Diskes juga RSUD, apabila klinik ini berdiri tentunya akan mempermudah para atlet KONI untuk berkonsultasi terutama di bidang kesehatannya,"akhir dr Ersan Sahputra.**(dede)