Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru meraih penghargaan Perangkat Daerah Sangat Inovatif 2020. Instansi yang dipimpin Zulhelmi Arifin itu dianggap berhasil tingkat kesadaran masyarakat membayar pajak.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT saat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Indeks Inovasi Daerah Kota Pekanbaru Tahun 2021 di Aula Lantai 6 Perkantoran Tenayan Raya, Selasa 27 April 2021.

Walikota mengatakan apresiasi ini juga menyusul keberhasilan Bapenda mengembangkan kemudahan layanan pajak bagi masyarakat bisa di ujung jari yaitu Aplikasi SmartPBB Pekanbaru.

"Ini keberhasilan Bapenda Kota Pekanbaru sebagai salah satu perangkat daerah yang terus berupaya membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjadi Wajib Pajak (WP)," kata Walikota.

Sementara itu, Kepala Bapenda Zulhelmi Arifin mengatakan, reformasi administrasi perpajakan harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga fungsi pelayanan dapat diberikan secara optimal kepada masyarakat.

Kata dia, reformasi administrasi yang dilakukan oleh Bapenda yakni meluncurkan aplikasi SmartPBB Pekanbaru untuk mempermudah masyarakat mendaftar pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2).

"Serta memaksimalkan pelayanan melalui E-commerce ini, telah mampu permudah masyarakat dalam membayar pajak," jelasnya.

Lanjutnya, sebagai upaya memberikan kemudahan kepada Wajib Pajak, Bapenda Kota Pekanbaru melalui e-commerce telah menyiapkan perangkat pembayaran secara elektronik.

"Seperti, buka lapak, tokopedia, traveloka, linkaja, gopay, via indomaret, alfamart dan di UPT Badan Pendapatan Pekanbaru yang tersebar di 5 kecamatan," sebutnya.**(galeri)