Gaungriau.com (TEMBILAHAN) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) lakukan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Tembilahan. Kerjasama tersebut bagian dari meningkatkan kerjasama antar lembaga, terutama dibidang Hukum Perdata, Tata Usaha Negara dan Legal Drafting.

"Kita menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, karena merupakan momentum yang sangat berharga dalam upaya meningkatan sinergitas antar institusi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing," ungkap H Edy Gunawan, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Senin 13 September 2021.

Politisi PKB itu menambahkan, untuk lebih optimalnya koordinasi dan efektifnya kinerja masing-masing pihak, maka kerjasama tersebut diberi ruang lingkup yang meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum pada Hukum Perdata, Tata Usaha Negara di pengadilan (Litigasi) dan di luar pengadilan (Non Litigasi) dan Legal Drafting dalam penyusunan dan penetapan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indragiri Hilir.

"Saya sangat yakin dan optimis MoU ini bisa menciptakan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing lebih integratif, efektif dan efisien. Selain itu MoU ini juga bisa meningkatkan fungsi legislasi DPRD dalam mewujudkan Perda yang berkualitas dalam menampung aspirasi masyarakat Inhil, " papar Edy Gunawan dalam sambutannya.

Edy Gunawan optimistis yang disampaikan terkait MoU ini berbanding lurus dengan salah satu fungsi DPRD yakni Legislasi, apalagi institusi DPRD merupakan representasi lembaga rakyat yang memiliki kompleksitas kinerja yang cukup tinggi, sehingga sangat diperlukan pertimbangan yang matang dalam setiap kebijakan, khususnya pada bidang hukum.**(galeri)