Gaungriau.com (ROHUL) -- Bupati Rokan Hulu H.Sukiman bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2021 bertempat di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu, Rabu 10 Nopember 2021.

Dalam peringatan Hari Pahlawan ini tampak hadir, Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, PJ Sekda Rohul Muhammad Zaki, S.Stp, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST, M.Si, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, SIK, MH, Kajari Rohul Pri Wicaksono, SH, MH, Dandim 0313/KPR yang di Wakili Danramil 14 Kepenuhan Kapten Arh Kharidon Sitio, Kalapas KLS IIB Pasirpengaraian Eri Erawan, Kemenag Rohul Afrialsah Lubis serta Seluruh Pejabat Eselon dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Selama pelaksanaan upacara berlangsung dilakukan dengan penerapan Protokol Kesehatan.

Kegiatan rangkaian upacara dilaksanakan dengan khidmat dan lancar serta juga sesuai dengan rangkaian kegiatan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dimana juga dilakukan Penghormatan kepada para pahlawan dengan mengheningkan cipta yang dilakukan pada Pukul 08,15 Wib .

Dalam amanatnya Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Menyampaikan amanat dari Menteri Sosial Tri Risma Rani yang mana Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan’, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

Bupati Sukiman melanjutkan Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan suatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.
Saudara-saudara para patriot bangsa yang budiman,

Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

Setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, Semangat Kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.

Para Pahlawan Kusuma Bangsa mengajarkan pada kita arti penting perjuangan, ketabahan dan harapan. Bahwa barangsiapa yang ingin memiliki mutiara harus kuat menahan nafas, dan berani terjun menyelami samudera yang sedalam-dalamnya.

Selain itu melalui Peringatan Hari Pahlawan 2021 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada kesempatan Yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja , berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021.

Selain dengan amanat yang disampaikan, Bupati Sukiman saat usai Upacara menyampaikan kepada Media pesan pesan terkait Hari Pahlawan dimana Indonesia ini berdiri penuh dengan rintangan dengan mengorbankan Harta bahkan jiwa dengan satu tujuan demi kepentingan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah di jajah lehih kurang selama 350 tahun.

"Berkat perjuangan para pahlawan yang bersatu dari segala aspek budaya dan suku bangsa dalam mempersatukan perjuangan dari Sabang sampai maraoke sehingga terwujudnya kemerdekaan 1945" ujar Bupati Sukiman.

Dirinya berharap kepada semua untuk selalu mengedepankan persatuan , semangat gotong royong serta semangat kebersamaan untuk membangun dalam keanekaragaman perbedaan.

"Jangan justru perbedaan itu dijadikan alasan untuk memecah belah akan tetapi perbedaan ini kita dijadikan kekayaan untuk membangun semangat kebersamaan" ungkap Sukiman.

Bupati Sukiman yang merupakan Mantan Dandim Inhil ini pun berharap terkhusus kepada generasi muda untuk selalu ingat bahwa kita ini berbeda-beda baik suku, agama, ras bahkan prilakunya dan adatnya, akan tetapi ini jangan dijadikan alasan untuk berpecah belah namun sebaliknya dijadikan alasan untuk kebersamaan.

"Pesan penting saya jangan sampai generasi muda itu mudah terpengaruh dan tergerus dengan budaya asing dengan tidak menghargai orang tua tidak menghargai guru ini bukan budaya kita, akan tetapi berkat kemajuan teknologi itu semua akan tergerus kalau kita tidak memahami tentang wawasan kebangsaan" ucapnya dengan sigap.

Usai pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan Bupati Sukiman juga tidak lupa memberikan tanda hati kepada Djabal yang merupakan Veteran di Rokan Hulu.**(Kominfo)