Gaungriau.com -- Bertempat di Ballroom SKA Co Ex, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) kembali melakukan wisuda kepada 992 mahasiswa. Para mahasiswa tersebut mengikuti prosesi wisuda pada Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-23, Sabtu 5 Nopember 2022.

Pelaksanaan wisuda kali ini, juga berhasil memecahkan rekor jumlah peserta wisuda terbanyak sepanjang Umri berdiri. Para mahasiswa yang diwisuda tersebut berasal dari 8 fakultas dan 22 program studi dan 391 orang di antaranya dinyatakan lulus secara cumlade. Sedangkan pemuncak wisuda, berhasil diraih oleh Athina Ibanes Oktaviolla yang berasal dari Prodi Teknik Informatika dengan nilai IPK 3,94.

Rektor Umri Dr Saidul Amin mengatakan, pelaksanaan wisuda kali ini, sengaja digelar dengan mengusung konsep islami guna memberikan suasana berbeda. Di mana ada dua hal yang berbeda dalam kegiatan wisuda kali ini. Dirinya juga berpesan, agar para wisudawan dan wisudawati bisa mengembangkan sayap kelimuan dan kemuhammadiyahan.

"Pertama, kita desain agar pelaksanaan wisuda agar lebih efisien. Meski jumlah peserta banyak, namun waktunya tetap sama. Kedua, nuansa keislaman dan kemelayuan lebih kita tonjolkan. Di mana pada awal pelaksanaan wisuda, kita putarkan lagu Lancang Kuning. Para alumni Umri diminta agar ilmu yang didapat bisa diterapkan dan bisa menjadi problem solver bukan traublemaker. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa menjadi duta-duta Muhammadiyah di tengah masyarakat," katanya.

Saidul Amin menambahkan, para alumni Umri juga diharapkan tetap menjaga marwah almamater sebaik-baiknya. Dirinya meminta para alumni untuk bisa membahagiakan kedua orang tua dan keluarga, yang selama ini terus memberikan dukungan dalam bentuk materi dan non materi.

"Dimanapun para alumni berada, hendaknya nama baik almamater harus tetap dijaga," pesannya.

Turut hadir, dalam kegiatan wisuda kali ini perwakilan LL Wilayah X Petri Aida, perwakilan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Edy Suwandi Hamid, Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XII Khairunas, Ketua dan anggota PW Muhammadiyah, Ketua dan Pembina BPH Umri serta segenap civitas dilingkungan Umri. (galeri)