Gaungriau.com (TAPUNG) -- Setelah matangkan persiapan pembinaan enam desa melalui P2WKSS, Pemkab Kampar kembali melakukan pembinaan desa dalam program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Pagaruyung Kecamatan Tapung. Walau masih adanya Pendemi Covid-19 tidak menyurutkan tekad demi tewujudnya program pembangunan kemasyarakatan.

Dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Muslimawati Catur, Pemkab Kampar melalui lintas Sektor dan lintas Program melakukan pembinaan Desa. Oleh Sebab itu kepada Kader baik Desa, Kecamatan untuk meningkatkan komunikasi yang intens dengan instansi dan OPD Tujuannya untuk wujudkan program menjadikan masyarakat mandiri dengan pendayagunaan segenap potensi dan sumber daya lokal secara optimal.

Demikian dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Muslimawati Catur saat melakukan pembinaan di Desa Pagaruyung Kecamatan Tapung, Selasa 20 Oktober 2020. Melalui Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), "sejauh ini kita telah melakukan pembinaan terhadap Desa-desa yang ada dalam pemberdayaan perempuan, tentunya ini untuk mengangkat tarap hidup dan kesejahteraan keluarga melalui peran kaum perempuan. Ini tak terlepas dari satu pihak namun Seluruh elemen dan instansi dapat memberikan peran aktif sesuai dengan fungsi kita” Kata Muslimawati Catur yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Tapung Ny. Melda Wati Amri Yudo dan Camat Tapung yang diwakili oleh Kasi Daniel Eriyazid, Kepala Desa Pagaruyung Sahidun, S. Pd dan Ketua TP PKK Desa Pagaruyung.

Ada sebanyak 7 (Tujuh) Desa yang kita tetapkan pembinaan yakni Desa tertantang Kecamatan Tambang, Desa Teluk Kenidai Kecamatan Tambang, Desa Pagaruyung Kecamatan Tapung, Desa Indra Puri Kecamatan Tapung, Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar dan Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar, Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja.

TP PKK selaku yang mengkoordinir kegiatan ini meminta kepada Kepala Desa, PKK Desa, Camat dan seluruh OPD yang terkait agar dapat kerja sama serta memberikan kontribusi baik program fisik maupun pembinaan meanseat/mental untuk di terapkan di desa, sehingga program P2WKSS dapat berjalan dengan sukses” Kata Muslimawati Catur yang didampingi oleh pengurus PKK Kabupaten Kampar dan PKK Kecamatan Tapung.

Harapan kita tentunya terhadap desa yang kita pilih dapat memberikan yang terbaik buat desa, Kecamatan dan muaranya ke kabupaten Kampar. Ada perobahan yang signifikan yang dirasakan oleh masyarakat desa. ”Pintanya lagi. Dalam pembinaan desa ini akan melibatkan beberapa OPD dalam pembinaan Desa, dan pada kesempatan ini diminta kepada seluruh OPD ini dapat memberikan masukan dan program dalam kesuksesan program pembinaan melalui P2WKSS ini,” tutup Muslimawati Catur.

Camat Tapung yang diwakili Kasi Erizal Yazid menyampaikan ucapan terimakasih atas dipercayakan program P2WKSS di Kecamatan Tapung tepatnya Desa Pagaruyung. Banyak produk yang ada di Pagaruyung semoga ini mengangkat ekonomi masyarakat. Kepala Desa Pagaruyung Sahidun, KD, S.Pd menyampaikan dukungan dari Pemkab Kampar dalam peningkatan Kesejahteraan masyarakat, banyak kegiatan yang telah kami lakukan baik dari segi pertanian, kerajinan maupun industri rumah tangga, perlu dukungan baik peralatan maupun permodalan” Kata Saidun yang didampingi Ketua TP PKK Desa Pagaruyung Kasmuna.

“Kami dengan adanya program P2WKSS sangat mendukung dan berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pembangunan infrastruktur yang masih jalan tanah,” ujar Saidun.**(man)