Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Guna untuk mengantisipasi genangan air akibat curah hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis kerahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk membersihkan gorong-gorong disejumlah titik.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso langsung memimpin gerakan membersihkan gorong-gorong bersama tim kebersihan dari DLH Kabupaten Bengkalis tersebut.

Bagus Santoso tak segan-segan masuk dan turun ke dalam genangan banjir untuk membersihkan sampah yang menyumbat air di gorong-gorong, bahkan Wabup Bagus Santoso berjalan kaki menyisir banjir di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis yang menjadi salah satu tempat langganan banjir di Pulau Bengkalis.

http://gaungriau.com/gambar/foto/9035687716.jpeg

Disebabkan hujan yang berlangsung sejak malam kemarin, membuat banjir di sejumlah wilayah pulau Bengkalis. Tingginya pun mencapai betis orang dewasa hingga menyebabkan masuknya ke rumah-rumah warga.

Aksi cepat tersebut dilakukan spontan oleh orang nomor dua di Negeri Junjungan itu kala melewati Desa Senggoro, Bagus Santoso langsung mengerahkan tim kebersihkan DLH untuk melakukan pembersihan.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga menyabangi sejumlah warga guna mengingatkan agar menjaga kebersihan lingkungan.

Dikatakan salah seorang warga Jalan Bantan RT004 RW005 Idrus, wilayahnya sering menjadi langganan banjir disebabkan tersumbatnya drainase oleh sampah rumah tangga.

“Selain itu pak, parit disini kecil-kecil, jadi air tidak berjalan lancar karena tersumbatnya itu tadi,” ujar Idrus.

Penyebab lainnya, karena sejumlah pedagang menutupi gorong-gorong untuk membangun warung sehingga membuat penyumbatan dibawah gorong-gorong.

http://gaungriau.com/gambar/foto/4801257052.jpeg

"Masalah tertutupnya gorong-gorong oleh bangunan para pedangan ini, nanti akan kita minta dinas terkait untuk segera menertibkannya," tegas Wabup.

Dikatakan Wabup permasalahan sampah tidak bisa hanya mengandalkan petugas kebersihan, karena tidak akan cukup. Oleh karena itu, masyarakat harus sadar dan harus peduli terhadap penanganan sampah.

Sekretaris BPD Desa Senggoro Iskandar Izhar turut menyuarakan pendapatnya dihadapan Wakil Bupati, bersama masyarakat dirinya siap melakukan aksi bersih-bersih.

“Kami juga akan melakukan aksi bersih-bersih nantinya pak. Insyaallah ini secepatnya akan kita lakukan bersama masyarakat setempat,” ujarnya.

Bahkan dikesempatan itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Bengkalis Muhammad Saleh menyampaikan kebersediaan DLH untuk mengirimkan petugas beserta alat guna berpartisipasi bersama masyarkat membersihkan lingkungan.

http://gaungriau.com/gambar/foto/8189168446.jpeg

Atas terjadinya banjir di sejumlah wilayah di Pulau Bengkalis ini, Wabup meminta sejumlah Perangkat Daerah untuk tanggap meminimalisir segala kemungkinan yang ada.

“Mari bersama warga kita bersihkan lingkungan kita masing-masing. Saya berharap Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, BPBD untuk segera mengantisipasi agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat,” harapnya.**(Dede/adv)