PONTIANAK -- Gaungriau.com -- Ketua DPD RI Oesman Sapta serukan generasi muda berpikiran kreatif dan maju ke depan. Hal tersebut disampaikan saat memberikan Kuliah Umum dengan tema "Kebangsaan, Kepemimpinan, dan Performance" di Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat, Rabu28 Februari 2018.

Oesman Sapta dalam kuliah umumnya saat memberikan motivasi menyatakan bahwa agar generasi muda harus dibiarkan berkreasi, berinovasi di kampus dan jangan terbelenggu.

"Saya boleh dulu berasal dari keluarga miskin tapi saya tidak berjiwa miskin, saya harus berpikiran ke depan, selain itu jangan hanya belajar dari buku tapi segera selesaikan studi dan mencari pengalaman, itu guru kehidupan yang sebenarnya," tegas Oesman Sapta.

Ketua DPD RI asal Kalimantan Barat tersebut juga mengatakan bahwa sistem pendidikan di kampus jangan sampai membelenggu kreatifitas dan inovasi dari mahasiswa.

"Pemikiran yang ada di kampus harus bisa menjadi suatu produk dan dibawa ke luar kampus, melalui pemikiran, diskusi, riset, bisa jadi menjadi suatu performance yang ada hasilnya," lanjutnya.

Senator Kalbar ini mengapresiasi keberanian generasi muda "zaman now" dalam beraspirasi. Oesman menyatakan tidak harus menunggu bonus demografi generasi emas 2045, tapi harus berkreasi dan berbuat.

"Mahasiswa harus kreatif dan berkreasi bebas, bermartabat, disiplin beraturan berencana, punya sasaran dan target jangan nunggu tahun 2045 kelamaan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD RI juga memaparkan bahwa baru-baru ini DPD RI bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) , Kementerian Desa dalam mengawasi pengelolaan dana desa. Selain itu DPD RI juga akan bekerjasama dengan BPH Migas untuk mewujudkan adanya BBM satu harga dengan mencanangkan satu desa satu sub penyalur BBM.

"Ini tidak mudah, perlu bantuan dari adik-adik mahasiswa di semua daerah untuk ikut serta mengawasi dana desa dan saya mengusulkan para kepala desa bisa merekrut para mahasiswa membangun sistem pengelolaan dana desa agar tepat guna," tuturnya.

Pada saat yang sama Rektor Universitas Tanjungpura Thamrin Usman mengapresiasi semua motivasi dan ilmu dari Ketua DPD RI Oesman Sapta, ia juga menceritakan bahwa SDM di Kalbar saat ini masih tertinggal dan perlu kerja keras dalam membangun SDM di Kalbar karena belum semua mampu melanjutkan sampai ke tingkat pendidikan tinggi.

"Mahasiswa yang hadir saat ini adalah mahasiswa berprestasi melalui beasiswa bidik misi, saya harap ke depan menjadi penerus kita yang lebih baik di masa depan, mempunyai SDM yang bisa membanggakan Kalbar," tutup Thamrin.**(mas)