• Bupati Sukiman, Sekda, dan Ketua TP PKK Rohul saat meninjau pasar Ramadhan di Pasir Pengarayan baru-baru ini.

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, himbau seluruh pemilik rumah makan, atau restoran yang ada di Negeri Seribu Suluk, agar menghargai masyarakat yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Kata Bupati Sukiman, di bulan suci Ramadhan dan penuh berkah, umt Muslim tengah menjalankan ibadah puasa. Sehingga dirinya berharap ke pemilik atau pengusaha rumah makan, agar tidak terang-terangan membuka usahanya pada tengah hari atau siang hari.

"Kita tak minta mereka menututup usahanya, dan hargailah orang yang berpuasa. Kemudian agar tidak terang-terangan membukanya di depan umum dan di siang hari. Karena ini bisa mengganggu dan meresahkan masyarakat yang sedang berpuasa," ujar Bupati Sukiman kemarin sore.

Bupati Sukiman mengakui, bahwa tidak semua masyarakat di Rohul berpuasa, karena berbeda keyakinan atau sedang sakit. Sehingga Bupati Sukiman sangat berharap rumah makan tidak terang-terangan membuka usahanya d‎i siang hari.‎

"Mari bersama saling harga menghargai di Rohul, sehingga kerukunan antar umat beragama bisa terjalin nyaman dan aman," ajak Bupati Sukiman.

Kemudian selain rumah makan, Pemkab Rohul bersama pihak Kepolisian juga tegas dalam menertibkan segala bentuk penyakit masyarakat (Pekat) yang berpotensi mengganggu kenyamanan, keamanaan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Bupati ‎Sukiman juga mengakui, dirinya sudah intruksikan Kepala Satpol PP Rohul agar menutup seluruh kafe atau warung remang-remang, maupun ‎pakter tuak dan penjual minuman keras di bulan suci Ramadhan.‎

Ditegaskan Bupati Sukiman, tidak ada satupun aktivitas Pekat yang beroperasi selama bulan suci Ramadhan, karena dapat mengganggu kenyamanan dan ketentraman masyarakat yang sedang melaksanaan ibadah puasa, dan salat tarawih.

Sukiman meminta dukungan kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, ulama ‎dan masyarakat untuk bersama-sama ikut dalam menertibkan aktivitas Pekat, termasuk jajaran Kepolisian.

Pemkab Rohul kata Bupati Sukiman, tetap komitmen dalam memberantas berbagai aktivitas Pekat yang beroperasi di desa dan kecamatan, maupun yang ada di Pasir Pangaraian dan sekitarnya, sebagai ibukota dari Kabupaten Rohul.**(lim)