• Sigit Juli Hendriawan

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah Inspektorat Provinsi Riau, menggelar kegiatan pengawasan daerah Provinsi Riau Tahun 2021. Kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin 22 Nopember 2021.

Inspektur Inspektorat Riau Sigit Juli Hendriawan menjelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan pengawasan daerah diantaranya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2017 tentang pedoman pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, ada Peraturan Gubernur Riau Nomor 73 Tahun 2020 tentang SOTK inspektorat Provinsi Riau dan Keputusan Gubernur Riau Nomor 1914/XII/2020 tentang program kerja pengawasan tahunan berbasis resiko yang telah diubah dengan keputusan gubernur.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pemerintah daerah dan pimpinan kerja atau unit instansi tentang arti penting tindak lanjut hasil pemeriksaan," kata Dia, seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.

"Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas hasil pengawasan dan profesional APIP. Serta tersusunnya tindak lanjut hasil pengawasan APIP secara akurat dan dinamis, dan meningkatkan sistem koordinasi APIP,"sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan penghargaan oleh Gubernur Riau. Diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau yang telah optimal, menyelesaikan tindak lanjut hasil pemeriksaan, inspektorat daerah Provinsi Riau, pada tahun 2020 dan tahun sebelumnya.

Adapun yang meraih penghargaan terbaik untuk kategori OPD di Lingkungan Pemprov Riau diantaranya, pertama diraih oleh BPKAD Provinsi Riau, kedua diraih oleh Diskominfotik Provinsi Riau dan ketiga diraih oleh BKD Provinsi Riau.

Selain itu, penyerahan juga diberikan kepada Kabupaten dan Kota di Riau, yang telah optimal menyelesaikan tindak lanjut hasil pemeriksaan inspektorat daerah Provinsi Riau pada tahun 2020 dan tahun sebelumnya. Peraih penghargaan pertama kategori daerah yaitu pertama oleh Kota Dumai, kedua Kabupaten Siak, dan ketiga diraih oleh Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).**(mad)