Gaungriau.com -- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau dengan LAMR Kabupaten Rokan Hulu sukses melaksanakan kegiatan Anjung Kaligrafi Arab Melayu Riau, Senin 27 November 2023 di Balai Adat Melayu Riau Rokan Hulu.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua MKA LAMR Kabupaten Rokan Hulu Datuk Seri H. Dipendri, yang diikuti sejumlah 40 siswa-siswi dari beberapa SMA sederajat di Rokan Hulu mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan kaligrafi dengan antusias dan semangat.

Kegiatan yang ditaja Bidang Pembinaan, Pengembangan dan Pelestarian Seni DPH LAMR Provinsi Riau tersebut menghadirkan pemateri pelatihan dari Pekanbaru dan Pasir Pengaraian yaitu Emmy Kadir dan Jon Kobet. Peserta diberikan pengetahuan dasar tentang mengenal sereta menulis kaligrafi berkaidah. Bahkan peserta dimotivasi agar memberdayakan kemampuan kreativitas seni lukis untuk mengemas karya kaligrafi.

Datuk Seri H. Dipendri sangat mengapresiasi kerjasama yang diinisiasi oleh LAMR Provinsi Riau, utamanya kegiatan Pelatihan Kaligrafi Arab Melayu yang dilakukan di daerah kabupaten.

“Kita berterimakasih LAMR Provinsi mengadakan kegiatan di Balai Adat Melayu Riau Rokan Hulu ini, dan kita berharap di kesempatan mendatang dapat memberikan peluang keikutsertaan siswa yang lebih ramai lagi. Sebab balai kita ini cukup luas,” ungkap Ketua MKA LAMR Rokan Hulu.

Lebihlanjut, Datuk Seri H. Dipendri menegaskan banyak faedah dari pengajaran kaligrafi ini. "Apalagi aksara arab melayu sekaligus berbahasa melayu," ucapnya.

Sementara, Sekum DPH LAMR Rohul, Datuk Tasmid memaparkan bahwa harus sering kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan.

"Mungkin selain tentang kaligrafi, pelatihan untuk upacara adat dan pebilang adat menurutnya juga perlu diterapkan ke pelajar," tandasnya.**