• Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL

PEKANBARU - Gaungriau.com -- Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr Syafrinaldi meminta Civitas Akademika mewaspadai setiap kegiatan yang mengarah pada radikalisme dan propaganda.

"Mewaspadai ini, bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Rektorat melainkan semua civitas akademika. Tak hanya itu awasi juga setiap orang yang keluar masuk kampus. Terlebih lagi kegiatan kemahasiswaan. Jangan sampai aktivitas anak-anak kita disusupi oleh tindakan yang mengarah pada radikalisme," tegas Rektor dalam sambutannya pada acara berbuka puasa bersama dan sekaligus memperingati Nuzulul Qur'an Civitas Akademika UIR di Masjid al Munawwaroh Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Senin jelang malam 4 Juni 2018 kemarin.

Rektor menegaskan, sebagai sebuah perguruan tinggi, UIR harus fokus kepada tri dharma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian. Pihaknya tidak akan mentolerir setiap adanya kegiatan-kegiatan yang berbau radikalisme dan terorisme ataupun propaganda di kampus UIR.

"Jika dalam pantauan Bapak dan Ibu ditemukan ada hal-hal yang mencurigakan segera beritahu pihak berwenang, dan rektorat untuk kita ambil langkah-langkah tegas. Siapapun yang terindikasi terlibat dalam kegiatan yang mengarah terorisme dan propaganda, akan kita beri sanksi yang tegas,'' ucap Rektor.

Rektor menambahkan, sesungguhnya, ajaran Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk melakukan tindakan radikal dan teror. Kampus harus dijadikan sebagai tempat surganya ilmu pengetahuan dan teknologi serta berperadaban bagi civitas akademika.

Penegasan itu sekaligus mengingatkan Keluarga Besar Universitas Islam Riau menyusul tertangkapnya tiga terduga teroris di Kampus Universitas Riau serta dua bom pipa besi dan bahan peledak triacetone triperoxide oleh Tim Densus 88 dan Polda Riau pekan lalu.

Terkait langkah-langkah yang dilakukan pihak kepolisian dalam mengambil tindakan terhadap terduga teroris di kampus Universitas Riau mendapat apresiasi dari Syafrinaldi. "Kita sampaikan apresiasi dan rasa salut yang luar biasa kepada kepolisian atas kinerja membongkar dan menagkap pelaku terduga terorisme,"ungkapnya.**(rls)