Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Penerbangan kembali dibuka sejak Era New Normal untuk masyarakat umum. PT Angkasa Pura II menjamin penerbangan aman tetap menerapkan prosedur kesehatan covid-19.

"Penerbangan dijamin aman di masa new normal, aman dalam artian tetap menerapkan prosedur kesehatan covid19, " ungkap General Manager Angkasa Pura II Yogi Prastyo Suwandi kepada wartawan, Rabu 17 Juni 2020.

Yogi mengingatkan, masyarakat yang menggunakan jasa moda transportasi penerbangan dijamin aman dan syarat yang digunakan juga tidak susah hampir sama dengan masa normal.

"Era New normal syarat masyarakat untuk menggunakan jasa penerbangan biasa ktp atau identitas yang sah, masa new normal ini tetap ada syarat hasil rapid test atau hasil screening pcr," terangnya.

Yogi menjelaskan, pihak PT Angkasa Pura II ikut menyediakan siatim pelayanan kesehatan untuk melakukan covid19 di Bandara SSK II.

"Sosial distancing tetap diperhatikan, fasilitasnya sudah kita siapkan dan operasional sdm juga sudah dipersiapkan, " terang Yogi.

GM PT Angkasa Pura II menjelaskan penerbangan domestik dan internasional sudah dibuka di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Namun, intensitas penerbangan menurun di masa new normal dibandingkan kondisi normal sebelum covid19.

"Intensitas penerbangan antara 8 sampai 16 penerbangan dalam sehari. Biasanya di masa normal sebelum pandemi covid 19, jumlah penerbangan 30 sampai 40 penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai 500 orang, " ujar Yogi.**(rud)