PEKANBARU -- Perusahaan ojek online Go-Jek secara resmi menggelar Go-Food Festival di Transmart Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner yang ada di Kota Pekanbaru.

Plt Kadiskominfo Riau Yogi dalam sambutannya menyampaikan, dengan dibukanya Go-Food Festival hari ini bisa menjadi peluang pelaku UMKM untuk bersaing meningkatkan skala bisnis, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan aplikasi yang ada, salah satunya melalui aplikasi yang disediakan olej Go-Jek Indonesia.

"Dengan adanya acara ini akan lebih memudahkan kita dalam menikmati beragam kuliner di Kota Pekanbaru, tidak hanya itu Go-Food saat ini sudah menjadi gaya hidup masa kini," ujar Yogi Jumat.

Yogi berharap, Go-Food Fetival hari ini tidak sekedar mengedepankan segi ekonomi, tetapi bagaimana beragam kuliner khas yang ada di Pekanbaru Riau dipromosikan secara maksimal melalui sistem teknologi dan aplikasi yang kian canggih.

"Dengan adanya GoFood festival ini merupakan saat yang tepat untuk pelaku UMKM dan meningkatkan kompetensi di bidang kuliner," imbuhnya.

Cassandra Aprilanda - VP Sales & Marketing Go-Food Festival mengatakan, Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau terletak di kawasan yang sangat strategis, yakni berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura sehingga kunjungan wisatawan mancanegara meningkat setiap tahunnya secara otomatis menjadi peluang mempromosikan beragam kuliner lokal.

"Pada tahun 2017, Pekanbaru mencatat kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 29.690 wisata dimana 25 persen diantaranya berasal dari Asean. Melihat potensi besar inilah, Go-Food Festival diharapkan dapat hadir menjadi salah satu alternatif destinasi wisata kuliner baru yang bisa memanjakan lidah para pencinta kuliner, baik masyarakat tempatan maupun wisatawan, dan secara bersamaan membantu membuka peluang akses pasar baru bagi mitra UMKM kuliner Go-Food," ungkap Cassandra.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelanggan saat ini para pengunjung Go Food Festival dapat menikmati promo cashback sebesar 50% setiap transaksi menggunakan gopay.

"Caranya mudah pengunjung hanya perlu memilih kuliner yang ingin dipesan kemudian membayar dengan Gopay yang ada di aplikasi Gojek tinggal memilih menu bayar, masukkan nominal yang harus dibayarkan dan lakukan verifikasi hingga transaksi dinyatakan sukses," ucapnya.

Edy Tan selaku Strategic Regional Head GOJEK Sumatra mengatakan, saat ini sudah 80 persen UMKM bergabung didalam Go-Food Festival.

"Go-Food Festival merupakan apresiasi kami terhadap para mitra merchant yang telah tumbuh bersama Go-Food yang kini telah memasuki tahun keempat dan menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara dan telah bekerja sama dengan hampir 300.000 merchant kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, dimana 80 persen diantaranya merupakan pelaku UMKM kuliner," ungkapnya.

Disampaikan Edy lagi, dibukanya Go-Food Festival ini mencerminkan misi Gojek sejak awal yakni memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui inovasi teknologi.

"Hingga hari ini teknologi Gojek telah membantu meningkatkan kehidupan jutaan orang serta memperdayakan para wirausaha UMKM serta Mitra driver kami,"tukasnya.**(nat)