Gaungriau (UJUNG BATU) -- Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Berjumlah 30 orang, mereka melakukan latihan di Lapangan syuhada Ujung batu Kecamatan Ujung Batu.

Koordinator Pelatihan Paskibraka Kecamatan Ujung Batu Serma Andri Mirzal, mengatakan latihan di Lapangan syuhada dilakukan sejak 29 Juli lalu. Mereka yang terbagung dalam pasukan Paskibra ini pelajar SMA, SMK dan MA se Kecamatan Ujung batu.

”Sebelumnya kami mengirimkan undangan kepada sekolah-sekolah, SMA, SMK, MA baik negeri dan swasta se kecamatan Ujung batu untuk mengimkan siswanya mengikuti seleksi Paskibra,’’ kata Serma Andri Mirzal, Kamis 8 Agustus 2019.

Menurut Andri, sekolah-sekolah sangat merespon, dan rata-rata mengirimkan hingga empat siswanya untuk mengikuti seleksi.
Dari seleksi yang dilakukan, terpilih 30 siswa.

Mendekati hari H upacara, latihan tak hanya baris berbaris. Tapi sudah masuk pada latihan formasi. ”Formasinya sudah terbentuk. Tinggal memantabkan saja,’’ katanya.

Dia mengatakan latihan digelar setiap hari, dua kali. Pukul 07.00-10.00 dan pukul 14.00-17.00.
Sejauh ini tambah Serma Andri mirzal , tak ada kendala berarti dalam latihan. Para anggota mengikuti latihan dengan tertib.

”Awalnya memang sulit kompak. Tapi seiring waktu, dan semakin dekatnya upacara digelar, mereka semakin kompak,’’ tambahnya.

Dia berharap, kekompakan para anggota Paskibraka ini terus terjalin. Sehingga saat upacara berlangsung, mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

”Paskibra tidak sekadar pasukan pengibar bendera. Tapi makna dibalik itulah yang kita pegang teguh. Dimana, kemerdekaan Indonesia ini diraih dengan perjuangan. Sepatutnya kita sebagai generasi penerus ini melanjutkan perjuangan tersebut dengan gigih dan penuh keyakinan,’’ tandasnya.**(rls)