Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghadiri pelantikan pengurus Idarah Kemakmuran Masjid Indonesia (IKMI) Wilayah Kota Pekanbaru Periode 2021-2026 oleh Ketua IKMI Koordinator Wilayah (Korwil) Riau Ismardi Ilyas di Kantor IKMI Wilayah Riau Jalan Todak Pekanbaru, Jumat 24 Desember 2021.

Selain menghadiri pelantikan pengurus IKMI Pekanbaru, dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan CSR Bank Riau Kepri program kemitraan Pemprov Riau 2021 pembangunan gedung mubaligh center dan sarana pendukung IKMI Provinsi Riau.

Gubri mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IKMI Wilayah Pekanbaru yang diketuai oleh Edi Azhar. Dengan kehadiran IKMI Kota Pekanbaru dan di Provinsi Riau secara umum, ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di Riau.

"Agenda pagi hari ini kami ikut bisa menyaksikan pelantikan pengurus IKMI Kota Pekanbaru dan sekaligus juga menyaksikan penyerahan bantuan dari Bank Riau Kepri kepada IKMI Provinsi Riau," ujarnya.

Syamsuar menjelaskan, banyak permasalahan di Riau yang bisa disinergikan dengan berbagai pihak, terutama IKMI. Satu diantaranya adalah dalam rangka mempersiapkan pembinaan umat dan mempersiapkan mubalig di Riau.

Selain itu terangnya, permasalahan lain yang perlu diatasi bersama adalah masalah narkoba, kenakalan remaja dan lainnya. Atau bahkan terangnya, jika ada anak yang kurang mampu bisa dibantu bersama agar nanti permasalahan di Provinsi Riau ini diselesaikan secara bersama.

"Syukur Alhamdulillah hari ini banyak kami mendapat input dari IKMI Riau, terutama untuk pembangunan umat ke depan, termasuk program bagaimana mempersiapkan mubaligh," sebutnya.

Orang nomor satu di Riau ini menerangkan, pihaknya kedepannya akan bekerja sama dengan semua pihak, baik Pemda dengan MUI Provinsi Riau, termasuk juga Baznas dan IKMI, supaya nanti membina desa-desa di Riau agar memakmurkan masjid.

Syamsuar mengungkapkan, ia mendapat laporan masih ada desa-desa yang kekurangan ustadz dalam memakmurkan masjid. Sehingga kedepannya, diharapkan semua pihak dapat berkontribusi untuk kemaslahatan umat.

"Inikan banyak sebenarnya perlu dukungan dari para ulama, ulama dan umara (pemimpin pemerintahan) ini harus bersama-sama. Karena itulah tentunya kami hadir di sini dalam rangka berkolaborasi mengatasi permasalahan yang ada di Riau," ucapnya.

Usai menyaksikan pelantikan IKMI Kota Pekanbaru dan penyerahan CSR Bank Riau Kepri, Gubri juga melakukan peninjauan ke gedung mubaligh center dan sarana pendukung IKMI Provinsi Riau yang terdapat di kawasan Kantor IKMI Wilayah Riau.**(mcr)