• Pelepasan peserta Gowes sepda dan jalan santai

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Berbagai rangkain kegiatan dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru dalam memeriahkan Hari Aml Bakti (HAB) Kemenag RI ke-76 tahun 2022, Ahad 9 Januari 2022 dilaksanakan Gowes Sepeda dan jalan Santai.

Kegiatan yang mengambil star dan finis dikantor Kemenag Kota Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad-Rambutan tersebut diikuti antusias keluarga besar Kemenag dan masyarakat umum. terlebih kegiatan ini menyediakan doorprize sebanyak 83 hadiah.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru Drs H A Karim MPd I, dan jajaran, mantan kepala Kemenag Pekanbaru, turut pula hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Dr H Mahyudin MA, dan mewakili pemerintah KJota Pekanbaru, hadir Kepala Dinas Pendidikan Ismardi Ilyas, selain itu turut pula hadir para pimpinan berbagai sponsor dalam kegiatan tersebut.

Kepala Kanwil kemenag Riau Mahyudin menngatakan, sesuai dengan tema HAB Kemanag RI ke-76 tahun 2022 yakni Transformasi Layanan umat, dan sesuai dengan arahan Menteri Agama RI pada upacara HAB beberapa waktu lalu, maka jajaran Kemenag baik ditingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten dan Kota, agar bisa memebrikan pelayanan kepada umat secara digitalisasi.

"Dan ini dimuali pada tahun ini, Kemenag diseluruh Indonesia diminta untuk memperbanyak pelaksanaan program digitalisasi, minimal untuk satu tahun kedepan apa yang menjadi arahan bapak Menteri Agama bis kita laksanakan. Dengan pelayanan digitalisasi ini kita berharap masyarakat bisa terlayani dengan lebih baik," ujarnya.

Kepala Kemenag Kota Pekanbaru A Karim dikesempatan itu berharap kekompakan yang ditunjukkan keluarga besas Kemenag Pekanbaru dalam mensukseskan berbagai rangkaian dalam memeriahkan HAB Kemenag RI ke-76 tahun 2022 ini hendaknya bisa terus dipertahankan kedepannya.

"Dari banyaknya hadiah yang diberikan, baik itu dari KUA, Sekolah-sekolah dan pihak sponsor, tentu ini patut kita syukuri. Semoga kedepan kita bisa lebih baik lagi, dan bagi yang telah menyumbang untuk kegiatan kita pada hari ini hendaknya mendapat keberkahan dari Allah Swt,"harapnya.

Sementara Ketua Panitia HAB Kemenag RI Kota Pekanbaru H Abdul Wahid SAg MIkom menyampaikan bahwa rangkain kegiatan memeriahkan HAB ini telah dilaksanakan Kemenag Pekanbaru pada 15 Desember 2021 lalu, yakni dengan menggelar kegiatan donor darah.

"Waktu itu terkumpul 59 kanting darah, meski saat itu jumlah yang mendaftar mencapai 89 orang, akan tetapi ketika ingin mendonorkan darahnya tidak bisa dengan beberbagai kendala, seperti tensi tinggi, HB rendah dan lainnya," jelas Wahid.

Setelah pelaksanaan Donor Darah, kegiatan yang dilakukan adalah Upacara dan pemotongan tumpeng HAB ke-76 dihalaman Kantor Kemenag Pekanbaru pada Senin, 3 Januari 2022. Selanjutnya melaksanakan kegiatan Anjangsana ke Panti Sosial Tresna Werdha Husnul Khotimah pada Selasa, 4 Januari 2022, dengan menyerahkan 126 paket kain sarung dan selimut dan makan bersama.

"Juga dilaksanakan anjangsana ke rumah sesepuh Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, yakni kerumah Ibu Megawati isteri alm. Bapak Nurdin Wahid. Ka Subbag TU pada masanya, dan pada hari ini Ahad 9 Januari 2022, kita melaksanakan Gowes sepeda dan jalan santai," jelasnya.

Pada kegiatan pagi ini, lanjut Wahid, sebanyak 180 jenis hadiah disiapkan, seperti Sepeda sebanyak 33 unit, 1 unit kulkas, i Uni TV LED 32 Inci, kompor gas, kipas angin, magic com, jam didinding dan lainnya, yang kesemuanya itu berasal dari para sponsor.

Wahid menambahkan bahwa rangkain kegiatan terakhir yang akan dilaksanakan dalam memeriahkan HAB tahun ini adalah family gathering yang akan dilaksanakan pada Rabu 12 Januari 2022 di Agrowisata Pelangi Pekanbaru. "Kegiatan ini juga nantinya akan ada doorprize berupa sepeda,"pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penanaman 20 pokok pohon di kantor Kemenag Pekanbaru, penyerahan Kartu BPJS Ketenaga kerjaan, dan bantuan sembako bagi 100 orang pegawai dilingkungan Kemenag Pekanbaru.**(rls)