• Abdul Jamal

PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru mengklaim berjalan lancar dan tidak ditemui kendala apapun.

"Hari pertama USBN untuk SD ini berjalan lancar. Mulai dari keperluan ujian termasuk soal ujian lancar terdistribusi. Bahkan, seluruh Kepala Sekolah datang mengambil soal ujian. Soal tersebut sudah datang kemarin di dinas," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis 3 Mei 2018.

Menurut Jamal, untuk soal ujian sendiri. Tahun ini memang terdapat perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana ada soal esai khusus USBN tingkat SD.

"USBN soal dari kita, kita koreksi secara silang. Khusus tahun ini soal USBN nya ada esai sebanyak lima hingga 10 soal," jelasnya.

Ketika ditanya berapa jumlah siswa yang mengikuti USBN SD di Pekanbaru? Jamal mengatakan, jika tahun ini jumlah siswa yang mengikuti USBN
sekitar 17 ribu lebih siswa di Pekanbaru. Baik itu sekolah negeri maupun swasta.

"Total siswa SD yang ikut di Pekanbaru kurang lebih ada 17 ribuan siswa baik negeri maupun swasta. Dengan rincian, 195 sekolah negeri, dan 110 sekolah swasta," paparnya.

Sebagai informasi, tahun 2018 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan kebijakan baru untuk ujian akhir tingkat SD. Dimana, salah satunya dengan menerapkan USBN. Adapun tiga mata pelajaran yang diuji ialah Bahasa Indonesia, Matematika, serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).**(saf)