Gaungriau.com (BAGANSIAPIAPI) -- Forum Wartawan Legislatif (FWL) Rokan Hilir (Rohil) terbentuk. Terpilih secara aklamasi menjadi Ketua, Zaini, Sekretaris, Suprianto, Bendahara, Masrul Gusti. Keanggotaannya meliputi wartawan yang aktif menulis, berdomisili di Bagansiapiapi dan satu media, satu wartawan.

Pembentukan FWL dilaksanakan Kamis 30 Januari 2020 di ruang sidang DPRD Rokan Hilir, usai dilaksanakan temu ramah antara DPRD dengan wartawan.

Salah satu hasil temu ramah tersebut mengamatkan pembentukan FWL untuk mempermudah komunikasi antara pihak DPRD dan wartawan.

Pada awalnya, Wakil Ketua I, Abdullah dan Wakil Ketua III DPRD Rohil meminta agar keanggotaan FWL juga meliputi wartawan yang ada di sejumlah kecamatan, namun setelah diberi pemahaman, mereka memaklumi, keanggotaanya hanya yang berdomisili di Bagansiapiapi.

Dari hasil diskusi juga, keanggotan juga diminta dari wartawan aktif menulis, sehingga tujuan pihak DPRD yang ingin menyampaikan informasi publik kepada masyarakat (khalayak, red) bisa tersampaikan, dengan media yang terbit dan peredarannya ada di Riau dan Rokan Hilir (untuk media cetak, red) dan media siber berkantor di Provinsi Riau, tidak melakukan kerjasama dengan media yang berada di luar Provinsi Riau.

Yang juga bergulir, untuk efektivitas, FWL beranggotakan satu media satu wartawan, merujuk kepada FWL diberbagai tempat, sehingga forum ini tidak gemuk.

Ketua DPRD Maston, Wakil Ketua I, Abdullah, Wakil Ketua III, Hamzah, Sekwan, Sarman Syahroni beserta jajaran merestujui pembentukan FWL, usai temu ramah langsung dibentuk.

Maka, Ketua PWI Rokan Hilir, Noprio Sandi langsung memimpin pembentukan FWL tersebut, akhirnya secara musyawarah mufakat, mempercayai forum tersebut dipimpin, Zaini, wartawan Rakyat Riau, Sekretaris, Suprianto dan Bendahara, Masrul Gusti.

Setelah terbentuk, FWL langsung membahas hal-hal penting untuk memperlancar fungsi dan tugas forum tersebut. “Ini menjadi era baru bagi DPRD Rohil, semoga komunikasi antara wartawan dan DPRD akan lebih baik,” kata Zaini, ketua terpilih.**(zai)