• Sekda Rohul Abdul Harris saat menyampaikan sambutan

Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar, Anti Narkoba dan Anti Hoax.

Pelatihan digelar PWI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rokan Hulu‎, Rabu 24 Juli 2019, dibuka oleh Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si.

‎Pembukaan pelatihan turut dihadiri Kasi Pendis Kantor Kemenag Rokan Hulu H. Rusli M.Sy, Danramil 02/Rambah Kapten Inf Junaidi mewakili Dandim 0313/KPR, KPLP Lapas Kelas II B Pasirpangaraian Parlin dan Kepala MAN 1 Rokan Hulu Dewi Sami Wardana M.Pd.

Sekdakab Rokan Hulu Abdul Haris, saat membuka pelatihan mengapresiasi Pelatihan Dasar Jurnalistik yang ditaja PWI di MAN 1 Rokan Hulu.

‎Menurut Sekda, pelatihan ini tentunya menjadi ilmu baru bagi siswa di tingkat SMA, sekaligus mempersiapkan generasi muda bahwa jurnalistik suatu profesi latihan luar biasa.

"Dengan adanya ilmu dasar ini, saya yakin ilmu mereka tentu akan semakin berkembang‎ dan menjadi jurnalis-jurnalis handal tentunya di Kabupaten Rokan Hulu, itu yang kita harapkan," kata Sekda.

Selain itu, semaki pesatnya dunia informasi teknologi (IT), Sekda‎ mengharapkan generasi muda tidak terjebak dengan berita-berita Hoax. Kemajuan dunia IT, harus dimanfaatkan generasi muda mencari informasi positif sebaik-baiknya.

"Kita berharap anak-anak kita menghindari, dan tidak ikut-ikutan menyebarkan berita bohong, yang nanti dapat menimbulkan efek negatif di tengah masyarakat," pesan Sekda kepada generasi muda.

Ketua PWI Rokan Hulu Engki Prima Putra berterima kasih atas kehadiran Sekdakab Rokan Hulu yang berkenan membuka acara pelatihan ini. Ia juga berterima kasih ke pihak MAN 1 Rokan Hulu yang telah bersedia sebagai tuan rumah.

Engki mengatakan sebagai organisasi jurnalis tertua di Indonesia, PWI Rokan Hulu tetap eksis di masyarakat, memberikan edukasi tentang jurnalistik, dan terus mengajak‎ masyarakat memerangi Hoax.

Selain itu, sambung Engki, PWI Rokan Hulu juga‎ masih rutin menggelar program "Go To School" ke sekolah-sekolah. Selain mensosialisasikan tentang jusnalistik, kode etik jurnalistik, PWI juga terus mengajak pelajar memerangi berita bohong atau Hoax.

"Kita mengharapkan pelatihan Pelatihan Jurnalistik Dasar, Anti Narkoba dan Anti Hoax ini bermanfaat bagi peserta dalam dunia jurnalistik," harap Engki dan mengaku PWI Rokan Hulu siap jika diundang sebagai narasumber untuk materi jurnalistik dan Anti Hoax.

Kepala MAN 1 Rokan Hulu, Dewi Sami Wardana‎, mengapresiasi pelatihan jurnalistik dasar yang digelar PWI Rokan Hulu di sekolahnya, sebab menambah ilmu baru bagi peserta.

Menurut Dewi, adanya pelatihan sehari ini, tentunya pelajar‎ akan lebih mengerti dalam menyikapi majunya dunia informasi teknologi (IT) di Indonesia, terutama berita-berita bohong atau Hoax, terutama di media sosial.

Sementara Ketua Panitia, Yusrizal Yahya, mengatakan pelatihan sehari ini diikuti sekira 50 peserta perwakilan dari lima SMA sederajat yang ada di Kecamatan Rambah,‎ termasuk siswa MAN 1 Rokan Hulu sebagai tuan rumah.**(rls)