Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Bersempena hari jadi Pekanbaru ke-236 tahun. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memberikan layanan gratis bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi Trans Metro Pekanbaru (TMP). Senin 22 Juni 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru Yuliarso mengungkapkan kepada sejumlah awak media, jika pemberlakukan layanan gratis ini selama tiga hari yakni mulai tanggal 22 hingga 24 Juni 2020 mendatang.

"Layanan gratis ini sesuai instruksi Walikota yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita berikan free ongkos selama tiga hari terhitung mulai sekarang hingga dua hari kedepan.

Yang jelas, kita ingin masyarakat juga bisa merasakan hal yang berkesan di momen HUT Pekanbaru, meski saat ini Pekanbaru berada dalam zona kuning penyebaran Covid-19," ucapnya.

Selain memberikan layanan gratis, lanjutnya, pihaknya juga melakukan penambahan dua koridor baru bus TMP. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi warga di Kota Bertuah.

"Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan ketergantungan masyarakat yang selama ini menggunakan transportasi pribadi bisa beralih menggunakan angkutan umum massal," jelasnya.

Adapun dua koridor yang diresmikan tadi adalah koridor 9 dan 10. Untuk koridor 9, jalur yang dilewati adalah Sukaramai Trade Centre (STC) - Jembatan Siak IV - Jalan Sembilang- Bundaran CPI - Jalan Paus - Jalan Yos Sudarso.

Kemudian koridor 10 akan melintasi Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau - Jalan Garuda Sakti - Jalan Air Hitam - Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BPRS) PP.**(saf)