Gaungriau.com (SIAK) -- Pemerintah Kampung (Pemkam) Dayun menggelar diskusi publik bersama Tokoh Wanita Kampung Dayun di Aula Rapat Pemkam Dayun,l kecamatan Dayun Senin 31 Mei 2021.

"Tujuan diskusi publik ini yaitu untuk menambah pengetahuan, wawasan tentang masyarakat Kampung Dayun, kelemahan-kelemahan Pemkam Dayun menurut 'kacamata' Tokoh Wanita Kampung Dayun. Tahun 2022, pemberdayaan menjadi 60% program dari Pemerintah Kampung Dayun. Oleh karena itu, ide-ide menurut tokoh wanita Kampung Dayun turut andil dalam merencanakan pemberdayaan Kampung Dayun kedepannya Dimana pemberdayaan Kampung Dayun berasal dari ide masyarakat Kampung Dayun dan untuk masyarakat Kampung Dayun".Kata Penghulu Kampung Dayun, Nasya Nugrik, M.IP.

Program pemberdayaan Masyarakat Kampung Dayun lebih baik dimulai dari sekolah pelatihan yang tujuannya membekali masyarakat sebelum melakukan suatu kegiatan. Kemudian, kendala-kendala kegiatan yang telah dilakukan masyarakat dikomunikasikan ke Pemkam Dayun.

Lanjut Penghulu Hal-hal yang akan didiskusikan, yaitu:
1. Program-program yang telah dilakukan beserta kendalanya.
2. Rencana program yang akan dilakukan.

Kemudian, diskusi ini dibagi menjadi perdusun yang memiliki usulan-usulan diantaranya: 1). Pelatihan dasawisma dan kreatifitas, 2). Pengembangan program jimpitan beras perdua minggu perkadus, 3). Pelatihan budidaya pertanian dan turunannya, 4). Perlombaan dalam peringatan hari besar keagamaan dan nasionals, 5). Penghijauan, 6). Pengadaan gerai oleh-oleh Kampung Dayun, dan lain-lain.

"Bangga akan masyarakat wanita yang ikut menyuarakan ide-idenya. Terimakasih atensinya. Diskusi bersama pemuda, tokoh lintas suku dan agama, nelayan dan petani, serta tokoh wanita Kampung Dayun, memiliki kesamaan ide yaitu Penghijauan dan Perlombaan bidang Keagamaan. Harapannya, akan diadakan penghijauan disekitar Kampung Dayun, dan memperbanyak penamanan sekitar pekarangan seperti serai wangi dan lainnya" Tutup Penghulu Dayun, Nasya Nugrik.**(jas)