• https://www.pexels.com/photo/bowl-being-poured-with-yellow-liquid-33783/

Gaungriau.com, Jakarta -- Dalam kegiatan memasak sehari-hari di rumah, Anda tentu membutuhkan minyak goreng, kan? Minyak goreng merupakan bahan penting yang hampir selalu digunakan dalam proses memasak.

Banyak jenis minyak goreng yang tersedia di pasaran, umumnya mengandung lemak jenuh dan lemak tidak jenuh. Proses menggoreng dengan menggunakan lemak jenuh bisa membahayakan kesehatan.

Untuk menghindari masalah kesehatan di kemudian hari, terutama kolesterol dan penyakit jantung, Anda bisa mulai menggunakan minyak goreng sehat yang diolah melalui proses pemurnian untuk mendapatkan kadar lemak tak jenuh yang tinggi

Pilihan Minyak Goreng Sehat untuk Makanan

Minyak goreng dengan kadar lemak tak jenuh tinggi dibutuhkan oleh tubuh. Lemak bisa membantu tubuh terasa kenyang lebih lama sehingga menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Kadar lemak tak jenuh tinggi juga mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Berikut ini beberapa minyak yang mengandung kadar lemak tak jenuh tinggi yang baik untuk kesehatan.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tunggal yang tinggi hingga 75% dari volumenya. Asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun adalah asam linoleat, asam linolenat, dan asam oleat.

Ketiganya membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan mencegah penyumbatan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin E dan polifenol sebagai antioksidan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Dengan mengolah masakan sehat menggunakan minyak zaitun, Anda dan keluarga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Minyak Biji Bunga Matahari

Menu makanan tanpa gorengan rasanya kurang lengkap. Untuk menjaga kesehatan tubuh mulailah memakai minyak yang terbuat dari biji bunga matahari.

Pasalnya, minyak ini mengandung 85% asam lemak oleat dan linoleat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Minyak biji bunga matahari juga memiliki kandungan vitamin E, fenol, dan karotenoid sebagai antioksidan ampuh untuk menurunkan risiko penyakit kanker dan penyakit akibat paparan radikal bebas lainnya.

Minyak biji bunga matahari juga tahan dengan api panas, sehingga Anda bisa enggunakan teknik deep frying tanpa asap berlebih.

3. Minyak Jagung

Minyak jagung juga termasuk minyak goreng sehat karena memiliki kadar asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi, yaitu asam linoleat, sebesar 59%.

Minyak ini juga mengandung vitamin E yang menjaga agar minyak selalu dalam kondisi baik dan tidak mudah rusak. Namun perlu diwaspadai minyak jagung juga mengandung omega-6 yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Anda bisa menyeimbangkan kadarnya dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, dengan perbandingan antara omega-6 dan omega-3 sebanyak 1:4.

4. Minyak Kanola

Minyak kanola mengandung asam oleat, linoleat, dan vitamin E yang tinggi. Selain itu juga terdapat senyawa pants sterol yang bisa membantu menurunkan penyerapan kolesterol dalam darah.

Minyak kanola juga memiliki kadar vitamin K yang berfungsi mencegah pendarahan dan menjaga kondisi jaringan tulang tetap baik.

Minyak ini sangat cocok jika Anda gunakan untuk proses menumis atau sebagai baluran panggangan agar tidak mudah lengket.

Namun waspadai penggunaan dengan api besar, karena minyak kanola tidak tahan panas dan mudah berasap. Sangat tidak disarankan untuk menggunakannya pada proses deep frying, seperti untuk goreng kerupuk atau kentang yang membutuhkan banyak minyak

5. Minyak Kedelai

Minyak kedelai juga mengandung kadar asam lemak linoleat dan linolenat tinggi. Selain itu minyak kedelai juga mengandung vitamin K lebih tinggi dibanding jenis minyak lainnya.

Minyak ini juga memiliki kandungan asam lemak jenuh, namun sifatnya netral dan tidak memberikan efek pada kadar kolesterol dan masalah pada jantung Anda.

Minyak goreng sehat di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah di Blibli.com. Blibli merupakan online mall terlengkap yang menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga, termasuk minyak goreng dan kebutuhan lainnya.

Belanja di Blibli sangat mudah, cukup pesan kebutuhan Anda melalui smartphone dan Blibli akan mengurus pengirimannya hingga barang tiba di rumah Anda.

Belanja di Blibli semakin mudah dan menyenangkan dengan promo 6 6. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti promo ini, yaitu harga diskon spesial yang murah untuk menghemat dana belanja Anda, cashback, hingga gratis ongkir. Sekarang waktunya belanja hemat dan mudah di Blibli. Ayo, segera lengkapi kebutuhan rumah Anda! .***