Gaungriau.com -- Mengusung tema"Optimizing Learning Through Case Method and Team-Based Projects (mengoptimalkan pembelajaran melalui metode khusus dan proyek berbasis tim)Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning Riau (Fasilkom Unilak) mengadakan Focus Group Discussion(diskusi keompok terumpun) yang berlangsung di hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin 13 November 2023.

FGD menghadirkan narasumber guru besar Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Dr Wakhinuddin MPd,Dr Rizky Ema Wulansari SPd MPd T dari UNP dan CEO Garuda Siber, Edi Purwanto M Kom, dan di ikuti oleh seluruh dosen Prodi Sistem Informasi Fasilkom Unilak.

FGD dibuka oleh Dekan Fasilkom Unilak Dr Yogi Yunefri M.Kom, dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang pakar di bidangnya. Silahkan dosen Fasilkom Unilak memberikan manfaat FGD ini untuk belajar dan bertanya sebesar dan seluas luasnya. perlu diketahui mahasiswa fasilkom juga ada yang magang di Garuda Cyber sebagai mitra Fasilkom.

FGD ini adalah upaya kita untuk mewujudkan fakultas dan Prodi yang unggul, sehingga tentu luaran/lulusan Prodi kita semakin berkualitas, dan berkompeten." ujar Dr Yogi yang merupakan dekan termuda di Unilak ini.

Dalam materinya Prof Dr Wakhinuddin menyebutkan, dalam kita menjakankan case method hendaknya kita merancang kasus-kasus terkini dibidang ilmu komputer. akan tetapi tidak hanya bidang komputer tetapi kaitan bidang komputer dengan bidang kajian lainnya. selain itu dalam team based project kita memfocuskan pada capaian mahasiswa dalam setiap project dan baiknya setiap project itu semakin berat tiap tahapnya.

Sementara Dr Wulansari menjelaskan tentang Project Based Learning yang berasal dari problem based learning. Project ini juga harus berasal dari sebuah masalah sehingga dapat dijadikan dalam bentuk pekerjaan seperti project.

CEO Garuda Cyver Edi Purwanto M.Kom menjelaskan di dunia kerja khususnya di industri case method dan Team Base Project ini sangat membantu siswa/mahasiswa yang magang kerja di garuda cyber. Kita juga menerapkan case dan project ini untuk membuat mahasiswa kita terbiasa dengan iklim bekerjabdi industri saat ini karena dalam dunia kerja industri bidang komputer sangat cepat perubahannya serta inovasi - inovasi yang nantinya membuat kita harus cepat beradaptasi. (yok)