• Bidang Pertanian, Bupati Kasmarni Tandatangani MoU dengan Rektor IPB

BOGOR -- Arif Satria dilantik kembali menjadi Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University periode 2023-2028, Rabu 18 Januari 2023. Dihari yang sama, Bupati Bengkalis Kasmarni menemui dan bersilaturahmi dengan Arif Satria guna memberikan ucapan selamat sekaligus melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) bersama IPB University.

Adapun penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan IPB University yakni terkait dengan peningkatan kerjasama di Bidang Pendidikan, Penelitian, Pelatihan, Penerapan Inovasi, Penyediaan Tenaga Ahli dan Pengabdian kepada Masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan ketahanan pangan, holticultura.

Selain itu, guna meningkatkan kualitas SDM dan pengembangan produk daerah, Pemkab Bengkalis bersama IPB University juga melakukan kerjasama untuk bersama-sama dapat melakukan kegiatan program pelatihan yang terstruktur, terarah dan berkelanjutan, guna meningkatkan daya saing produk pertanian untuk lokal dan go global.

Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan selamat dan tahniah kepada rektor IPB yang baru dilantik hari ini dan terimakasih kepada IPB yang telah mengagendakan MoU ini semoga hubungan kekeluargaan dengan Pemerintah Kabupaten semakin erat.

"Kami siap untuk bekerjasama dengan Universitas yang berada di seluruh Indonesia dalam penguatan dan pembangunan Kabupaten Bengkalis dimasa yang akan datang," kata Bupati Kasmarni.

Bupati Kasmarni menambahkan bahwa di Kabupaten Bengkalis kami memiliki potensi serta produk pertanian dan holtikultura yang dapat diunggulkan, mudah mudahan melalui momentum kerjasama ini kualitas maupun produktifitas pertanian daerah kami semakin meningkat sebagai penopang ekonomi daerah yang berafiliasi pula terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Disamping itu juga Kabupaten Bengkalis memiliki minyak bumi yang bisa dimanfaatkan sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan manfaat sebesar-besarnya dari segala potensi alam yang berlimpah tersebut," ujarnya.

Selain itu, Kepala Daerah Bengkalis juga meminta kerjasama dan kolaborasi dari Rektor IPB University beserta jajaran dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermasa.

“Kabupaten Bengkalis memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dan dikelola, jadi kami berharap agar Rektor dan Jajaran IPB University bisa membantu kami dalam menciptakan inovasi dan terobosan baru,” ucap Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam MoU tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Bengkalis Tarmizi, Inspektur Bengkalis Radius Akima, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Rinto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zulfan.

Lalu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Hendrik Dwi Yatmoko, Sekretaris Inspektorat Dedy Kurniawan, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Erdila Fitriyadi, Kepala Bagian Umum Setda Bengkalis Kevin Rafizariandy, Kepala Bagian Prokopim Setda Bengkalis Syafrizal, Kabag Kerjasama Setda Bengkalis Dian Rachmadhany, Kabag Ekonomi Setda Bengkalis Khairi Fahrizal Kabag Tenaga Ahli Bupati Isa Selamat, Suparjo, dan Mustafa Kamal. (put)