Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Pada masa era Vaksinasi, Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (FMIPA UMRI) mengadakan seminar nasional ke-2 pada tanggal 26 Agustus 2021.

Kegiatan dilakukan secara virtual dan dihadiri oleh 3 Keynote Speaker, yaitu Prof. Dr.rer.nat Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc. dari ITS; Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dari Universitas Andalas, dan Dr. Wirdati Irma, S.Pd, M.Si dari UMRI.

Dr. Jufrizal Syahri selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tema seminar yang diangkat tahun ini adalah Inovasi Riset Sains, teknologi dan Kesehatan dalam menghadapi era Pasca Vaksinasi. Tema ini diangkat karena saat ini, pandemi Corona Virus membuat dunia menghadapi krisis kesehatan global. Berbagai solusi dan penelitian sudah dilakukan, seperti penerapan protokol kesehatan sampai program vaksinasi.

"Namun harus kita akui bahwa program vaksinasi masih menjadi kontroversi ditengah masyarakat, ada masyarakat yang pro vaksin dan ada yang anti vaksin. Oleh karena itu, kita sebagai kaum akademisi harus ikut andil dalam memberikan pencerahan secara ilmiah kepada Masyarakat, bagaimana sebenarnya program vaksinasi ini dan kehidupan pasca vaksinasi nantinya,” jelasnya. Diharapkan semakin banyak masyarakat teredukasi, maka semakin cepat pula pandemi ini berakhir di negara kita," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa melalui seminar ini para peneliti dapat berbagi ilmu dan informasi serta dapat membangun kolaborasi dalam melakukan riset bersama, sehingga inovasi, obat-obatan dan temuan baru semakin cepat diperoleh, dan pandemi ini cepat terselesaikan di negara ini.

“Tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti seminar ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat membutuhkan pencerahan secara ilmiah dari kalangan akademisi terkait program vaksinasi ini,”tutup Ketua Forum Doktor UMRI ini.

Dalam sambutannya, Rektor UMRI Dr. Mubarak, M.Si juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Fakultas MIPA dan Kesehatan, terutama Tim Panitia seminar yang dapat melaksanakan seminar Nasional dengan tema terkait Pandemi Covid-19 saat ini. Rektor juga menyampaikan bahwa seminar ini juga salah satu ikhtiar kita dalam mengedukasi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Rektor berharap dengan adanya seminar nasional ini bisa mencapai 2 tujuan yang diinginkan, yaitu dapat meimplementasikan hasil penelitian di lingkungan masyarakat dan penelitian yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Seminar Nasional yang diselenggarakan per 2 tahun ini berhasil diikuti lebih dari 360 peserta yang terdiri dari pemakalah oral, dan peserta umum non makalah dari berbagai instansi se Indonesia. Rangkaian seminar nasional ini dapat disaksikan kembali melalui saluran Youtube Universitas Muhammadiyah Riau.**(rls)

Simak Informasi seputar UMRI lainnya di http://www.umri.ac.id