• Abi Bahrum

Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Partai Keadilan Sejahteta (PKS) dan Golkar pada Pemilu 2019 berhasil meraih delapan kursi di DPRD Bengkalis Provinsi Riau berdasarkan perhitungan sementara dari kedua partai tersebut.

"Alhamdulillah, PKS pada Pemilu ini berhasil meraih delapan kursi di DPRD Bengkalis dan mengalami kenaikan dibanding Pemilu 2014 yang lalu," ujar Sekretaris Fraksi PKS DPRD Bengkalis Abi Bahrum kepada wartawan Senin, 22 April 2019.

Dijelaskannya, delapan kursi yang diraih tersebut berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Bengkalis I yakni Kecamatan Bengkalis dan Bantan (1 kursi), Dapil Bengkalis III Kecamatan Pinggir, dan Talang Muandau (1 kursi).

Untuk Dapil Bengkalis IV Kecamatan Mandau (4 kursi) dan Dapil V Kecamatan Bathin Solapan (2 kursi).

"Alhamdulilah untuk Dapil IV kita berhasil meraih 4 kursi, akan tetapi untuk Dapil II Kecamatan Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil pada Pemilu 2019 tidak meraih kursi dibandingkan Pemilu 2014 yang lalu berhasil meraih 1 kursi," ungkap Abi.

Ketika disinggung untuk Ketua DPRD dengan raihan 8 kursi tersebut, Abi Bahrun optimis PKS akan meraih tampuk pimpinan di DPRD Bengkalis, walaupun Golkar juga meraih 8 kursi.

"Dari hasil penghitungan suara di setiap Dapil berdasarkan C1 dari tim kita, PKS kita perkirakan meraih posisi Ketua DPRD, karena perolehan suara kita lebih dari Golkar, akan tetapi untuk data pasti tetap menunggu hasil pleno dari KPU, ungkapnya lagi.

Sementara itu Sekretaris DPD II Kabupaten Syahrial mengungkapkan, delapan kursi yang diraih tersebut Dapil Bengkalis I Kecamatan Bengkalis dan Bantan (1 kursi), dapil Bengkalis II Siak Kecil, Bukit Batu, Bandar Laksamana (1 kursi), dapil Bengkalis III Kecamatan Pinggir Tualang mandau (1 kursi), dapil Bengkalis IV kecamatan Mandau (2 kursi) , dapil Bengkalis V Kecamatan Bathin Sholapan (1 kursi) dan dapil Bengkalis VI Kecamatan Rupat dan Rupat Utara (1 kursi).

"Alhamdulillah, Golkar bisa meraih delapan kursi dan meningkat dibandingkan Pemilu 2014 sebanyak tujuh kursi," ujar Syahrial.

Terkait perolehan yang sama juga diraih PKS dan mengklaim meraih pucuk pimpinan di DPRD Bengkalis, Syahrial menilai hal yang wajar dalam pesta demokrasi ini.

"Persoalan PKS mengklaim meraih posisi Ketua DPR dengan perolehan suara terbanyak hal yang wajar, akan tetapi masih ada proses penghitungan suara mulai dari pleno Kecamatan hingga Kabupaten, dan hasil tersebut baru menjadi acuan yang sah, "ungkap Syahrial.

Syahrial juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader Golkar pada Pemilu 2019, dan berhasil meraih kursi yang terbagi di enam dapil yang ada.**(put)