Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Di era 4.0 seperti sekarang ini, Pemerintah Kota Pekanbaru terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan kini di berbagai OPD telah memiliki berbagai macam layanan publik aplikasi secara digital dan juga penyebaran informasi secara digital.

Memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik secara digital, agar masyarakat tidak perlu banyak mengunduh berbagai aplikasi dari tiap OPD. Pemko melalui Diskominfotik Kota Pekanbaru menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut dengan Pekanbaru Dalam Genggaman.

Sistem Informasi dan Layanan Terintegrasi "Pekanbaru Dalam Genggaman" adalah suatu sistem informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada di jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

http://gaungriau.com/gambar/foto/9610967468.pngWakil Walikota, Ayat Cahyadi

Sistem ini memudahkan seluruh kalangan masyarakat terutama masyarakat Kota Pekanbaru, masyarakat Riau, maupun Nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru yang meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, mendapatkan informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian, CCTV Kota Pekanbaru, dan informasi publik yang semuanya itu bisa diakses dari satu system Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi Pekanbaru dalam Genggaman berbasis website dan android, dan Internasional yang terkoneksi ke Portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.Pekanbaru.go.id.

Kepala Diskominfotik Pekanbaru Firmansyah Eka Putra didampingi Kabid Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP) Mawardi SAg menjelaskan, sistem informasi digital terintegrasi ini merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses.

''Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan di Kota Pekanbaru,'' ujar Kadiskominfotik.

Ia mengungkapkan, awalnya, Pekanbaru dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfotik Pekanbaru Mawardi SAg pada Diklat Pimpinan III Administrator.

''Kami sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP ini,'' ujarnya.

Nantinya, Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan dari Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, dan Skretaris Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, beserta Kadiskominfotik Firmansyah Eka Putra, Kabid dan tenaga IT yang tersebar di berbagai OPD di Kota Pekanbaru.

Masyarakat bisa mendownload di App Playstore, bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan.

Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dpaat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi/simpeg, dishub rekomendasi perhubungan, trayek, CCTV sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di Kota Pekanbaru.

''Semuanya bisa diakses dalam Pekanbaru Dalam Genggaman. Mulai diluncurkan di 2 September 2021. Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah Pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam Renstra Diskominfo,'' ungkap Kadiskominfotik.

http://gaungriau.com/gambar/foto/8609768641.pngSekretaris Kota Pekanbaru, M. Jamil

Dijelaskan Eka, manfaat dari sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru dalam Genggaman, maka dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia di bidang informasi digital dan layanan publik berbasis elektronik. Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, mengapresiasi inovasi yang dilahirkan Dinas Kominfo melalui Bidang PLIPKP.

"Dengan aplikasi cerdas ini harapan kita bisa memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen dan perizinan. Sejak awal kita memang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," sebutnya.

Dikatakan Walikota, pihaknya memberikan dukungan dan aprsiasi atas adanya inovasi dari Diskominfotik ini. Apalagi, adanya perubahan ini akan memberikan manfaat sangat positif dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap layanan kepada masyarakat.

''Tentunya akan menjadi salah satu inovasi Kota Pekanbaru dalam penyelengaraan pelayanan informasi publik berbasiskan elektronik dalam mendukung visi kepala daerah Kota Pekanbaru mewujudkan kota Pekanbaru Smart City Madani,'' pungkasnya. (Adv)