• Foto bersma saat menggelar Workshop Kepsek SDN 008 Pagaran Tapah, kepsek TK Tunas Sawit Indah, Kepsek SDN 007 Ujung Batu, Lukman Nulhakim (Instruktur dr Bandung), Setiawan Nurcholiq (Kabag HRGA PT. EDI), Kepsek SMP 3 Satap Pagaran Tapah, Ginanjat Maolid (Staff Education PT. EDI-PT. SAI, Kepsek SDN 018 Kunto Darussalam, kepsek SMP S Ekadura Lestari

Gaungriau.com (KUNTODARUSSALAM) -- Kamis 10 Oktober 2019, PT Astra Agro Lestari (AAL) melalui anak perusahaannya, PT Ekadura Indonesia (EDI) dan PT. Sawit Asahan Indah (PT. SAI) kembali menggelar Teacher Training Programe, pelatihan untuk guru-guru yang mengajar di sekolah binaan PT EDI dan PT SAI, dengan tema “Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)”.

Acara dibuka oleh Kabag HRGA PT Eka Dura Indonesia, Setiawan Nurcholiq, Dalam penyampaiannya saat ini PT Astra, Khususnya PT Astra Agro Lestari, sedang concern pada bidang pendidikan.

Harapannya, dengan banyaknya program yang dibuat oleh Astra, pada tahun 2020 nanti orang akan mengenal Astra dengan program pendidikannya.

Community Development Officer (CDO) PT EDI, M. Hayatun Ridwan, menyampaikan bahwa program yang diikuti oleh 50 orang peserta yang merupakan guru-guru dari 8 sekolah ini, yaitu SDN 018 Kunto Darussalam, SDN 021 Kunto Darussalam, TK Ekadura Lestari (PT. EDI), SMPS Ekadura Lestari (PT. EDI), SDN 007 Ujung Batu, SDN 008 Pagaran Tapah, SMP 3 SATAP Pagaran tapah (Binaan PT. SAI), dan TK Tunas Sawit Indah (PT. SAI), adalah salah satu program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. ALL di bidang pendidikan, mengadakan pelatihan guru dan komite sekolah di wilayah anak perusahaan di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan tidak hanya di PT. EDI dan SAI saja tetapi di beberapa PT yang merupakan anak perusahaan PT AAL,” jelasnya.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak PT. EDI dan PT. SAI yang sudah mengadakan kegiatan ini. Kami jadi tambah ilmu tentang bagaimana peran guru dan komite sekolah dalam membangun fisik sekolah maupun SDM anak didik menjadi unggul. Selain itu, kami juga menjadi lebih tahu apa saja peran dan tanggung jawab komite menurut permen No. 75 tahun 2016 tentang komite sekolah," ungkap Ahmad N, selaku Komite SDN 021 Kunto Darussalam.

Sementara itu, koordinator kegiatan ini yang juga merupakan Staff CSR Pendidikan PT EDI dan PT SAI, Ginanjar Maulid, mengatakan bahwa workshop selama 3 hari mulai tanggal 8-10 Oktober 2019 untuk Guru dan Komite Sekolah ini selalu rutin dilakukan oleh PT AAL.

Selain memang untuk meningkatkan kompetensi guru juga bertujuan Supaya pengurus Komite Sekolah lebih memahami Komite Sekolah terkait dengan tugas dan fungsi sesuai dengan aturan pemerintah di sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL) dan sekolah binaan Ring 1 Peruasahaan.

Ginanjar juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu, melalui Koordinator Wilayah Kec. Kunto Darussalam, Koordinator Wilayah Kec. Pagaran Tapah Darussalam, dan Koordinator Wilayah Kec. Ujung Batu yang sudah mensupport kegiatan ini dengan memberikan ijin kepada guru-guru dan pengurus Komite di sekolah tersebut untuk mengikuti pelatihan yang ditaja PT. EDI dan PT. SAI selama 3 hari tersebut.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian PT AAL dalam hal peningkatan mutu dan kualitas pendidikan terhadap masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, tutup Ginanjar.**(lim/rls)