PEKANBARU -- Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru menghingmbau kepada masyarakat untuk menjaga pola makan dan banyak mengkonsumsi air. Pasalnya cuaca Kota Pekanbaru saat ini sedang tidak bersahabat.

Bahkan, berdasarkan laporan dari puskesmas yang ada di Pekanbaru, belakang ini terjadi kenaikan jumlah masyarakat yang menderita sakit diantaranya mengidap penyakit ISPA, demam, batuk-batuk dan influenza.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru drg Helda Surya Munir,  mengatakan bahwa cuaca yang kadang tidak menentu itu memang membuat masyarakat dilanda sakit. Dimana mereka akan diawali dengan rasa demam tinggi hingga menyebabkan flu dan batuk-batuk.

"Untuk mencegah penyakit demam, flu dan batuk-batuk, saya sarankan masyarakat untuk lebih menjaga kondisi kesehatan dan hendaknya terlebih dahulu melihat cuaca jika hendak bepergian," kata Helda.

Helda juga menyarankan masyarakat agar terus menerus menjaga pola makan, pola istirahat, menggalakan PHBS dan rutin menjalankan olahraga.

"Itu yang paling penting. Dengan kita menjaga pola makan, istirahat dijaga, Insyaallah masyarakat tidak akan mudah terjangkit sakit meskipun kondisi cuaca tidak stabil," ujarnya.

Helda juga menghimbau kepada masyarakat yang menderita demam baik ringan maupun tinggi untuk segera memeriksakannya diri ke Puskesmas ataupun klinik terdekat. 

"Kalau rasa-rasanya menderita demam cepat periksakan. Jangan dibiarkan begitu saja. Takutnya malah terjangkit DBD," imbaunya.

Helda juga mengakui akibat cuaca seperti ini jumlah kunjungan kepuskesmas meningkat dibandingkan hari-hari sebulumnya.

"Berdasarkan laporan, memang ada terjadinya kenaikan tingkat kunjungan masyarakat berobat ke puseksmas. Namun berapa peningkatannya dirinya belum tahu," tutupnya.**(saf)