• Bupati Rohul, H Suparman SSOs MSi menyaksikan penandatangan MoU Management RS Surya Insani Pasir Pengaraian dengan BPJS Kesehatan.

PASIR PENGARAYAN -- Bupati Rokan Hulu, H Suparman SSOs MSi dan wakilnya H Sukiman, Kamis 2 Juni 2016 menghadiri penandataangan Memorandum of Understanding (MoU)  antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dengan Direktur Managemen Rumah Sakit  Surya Insani. 

Kegiatan tersebut digelar di halaman RSU Surya Insani, dan turut dihadiri  Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Rohul, drg Grifino, Direktur PT Surya Insansi, Juliani, SE MM, Ketua Persi Riau, drg Adnan,  Kepala BPJS Rohul, Yusrianto,

Bupati Rohul, H Suparman dalam sambutannya, mengungkapkan, dirinya sangat mendukung program penandatanganan  MoU antara pihak RS Surya Insani dengan pihak BPJS kesehatan, karna dengan adanya kerjasama ini, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Dengan adanya kerjasama ini, kita berharap, tidak ada lagi rumah sakit yang menolak pasien, karna penolakan tersebut sangat merugikan masyarakat. Karna dengan adanya MoU ini, masyarakat tak lagi susuah berobat," katanya.

Bukan itu saja, dirinya berharap dengan adanya kerjasama tersebut, pihak Rumah sakit bisa lebih meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Karna baiknya suatu rumah sakit tersebut, diukur bila pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Lebih lanjut dijelaskannya, kesehatan tersebut sangat mahal, untuk itulah, dengan adanya kerjasama ini, masyarakat tidak ragu lagi untuk berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan di RS Surya Insani.

"Jadi Jangan adalagi perbedaan-perbedaan dalam memberikan pelayanan, kita sebagai pelayan masyarakat, harus bisa memberikan pelayan prima," jelasnya.

Suparman menjelaskan, untuk ke depan, pihaknya akan bekerjasama, mulai dari pihak desa, kecamatan, dan juga   badan usaha. Untuk mensukseskan program pemerintah melalui BPJS.
Dimana, nantinya aparatur pemerintah desa dan camat, akan memberikan sosialisasi tentang BPJS kesehatan sekaligus, berpartisipasi menjadi anggota BPJS.

"Jangan tunggu sakit dulu baru menjadi peserta, segeralah menjadi peserta agar dalam berobat biaya nya bisa ditanggung oleh BPJS," imbuhnya.

Masih ditempat yang sama, Direktur PT Surya Insani, Juliana menjelaskan, BPJS merupakan program pemerintahan dalam meringankan beban biaya pengobatan bagi masyarakat. Untuk itulah, pihaknya bekerjasma dangan BPJS kesehatan untuk mendukung program pemerintah. Saat ini pihaknya  sudah melengkapi segala fasilitas yang ada, termasuk dengan para dokter, perawat dan fasilitas lainya.

"Kita mendukung program pemerintah indonesia, kita juga bermitra dengan RSUD Rohul, pada kesempatan ini  kami mengucapkan pada Bapak Bupati Rohul  dan Wakil Bupati telah mendukung program kami," terangnya.

Sementara, Kepala BPJS Rohul, Yusrianto menjelaskan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terrmasuk amanat undang-undang, dan dalam hal ini BPJS kesehatanlah yang menjalankan program tersebut.

"Saat ini warga Rohul yang terdaftar sebagai peserta BPJS ada‎ sekitar 150 ribu jiwa, dari jumlah penduduk yang mencapai 500 ribu jiwa," sebutnya.

Untuk itulah, dirinya berharap‎ pemerintah desa, kecamatan dan daerah bisa bekerjasama dalam memberikan pemahaman dan menjadi peserta BPJS.

Selanjutnya, Kepala BPJS Cabang Pekanbaru, Chandra Nur Cahyo, program JKN-KIS, milik pemerintah, sedangan pihak BPJS itu hanya sebagai operator. "Kita harap pelayan itu semakin dekat dan rakyat sehat, semoga  kedaualatan kesehatan masyarakat Rohul bisa lebih terjamin, terobosan serta inisiatif kades tersebut mudah-mudahan masyarakat terlayani dengan sebaik mungkin," pungkasnya.**(lim)