SIAK -- Romario Sandra Joshua, putra asal Kabupaten Siak, lewat kemampuan seni bela diri yang dimilikinya akan berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia dan Kabupaten Siak khususnya di Jerman. Keberangkatan Atlet Karate berprestasi ini langsung di lepas oleh Bupati Siak di ruang kerjanya, Rabu 21 September 2016.
                                        
Keberangkatan Romario dan pelajar dari daerah lainnya ke Jeman itu adalah untuk mengikuti Kejuaraan Coupe De Kayl Luxembourg Karate Championship. Sebelum berangkat ke Jerman, siswa yang bercita-cita ingin menjadi TNI ini akan mengikuti Training Center (TC) selama dua minggu di Jakarta yang dimulai tanggal 26 September.

Dalam kesempatan itu Bupati Siak Drs Syamsuar MSi berpesan kepada Romario agar bisa menjaga nama baik Indonesia serta Siak khususnya di sana nanti. Selain itu, bupati juga berpesan agar terus menjaga kesehatan dan pola makan serta berjuanglah semaksimal mungkin demi mengharumkan Indonesia dan Kabupaten Siak.

"Besok kalau dah di sana, kalau sempat jalan-jalan pergi ke tempat wisata orang tu yang ado kometnyo, foto dengan Komet yang ado di Jerman tu. Sebab itu merupakan komet keduo setelah di Siak. Akan tetapi komet yang ada di Jerman sudah tidak bagus lagi atau sudah rusak," gurau Syam.
 
Setelah di Jerman, Romario nantinya akan bersaing bersama atlit Karate tingkat pelajar yang ada di seluruh dunia. Sebelumnya ia belum pernah sekalipun mengikuti Kejuaraan sebesar ini. Prestasi gemilang ini ia dapatkan ketika ia bisa menjadi yang terbaik pada saat Olimpiade Olahraga dan Seni tingkat Provinsi Riau dan berhasil meraih Medali Emas.

Selanjutnya pelajar asal Minas tersebut terpilih untuk mengikuti Olimpiade Olahraga dan Seni tingkat Nasional di Jakarta dan berhasil menjadi yang terbaik.