• Edi Sakura

BENGKALIS -- Dinas pendidikan Kabupaten Bengkalis menemukan sejumlah sekolah belum memiliki pagar dan ruangan toilet (wc) di kecamatan. Hal tersebut berdasarkan hasil kunjungan kerja langsung dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Edi Sakura dari 620 sekolah yang ada sebanyak 209 sekolah belum memiliki fasilitas yang dinilai sangat vital untuk tingkat kedisiplinan disekolah tersebut.

Ia mengatakan untuk mengetahui kondisi kekurangan fasilitas baik sarana dan prasarana disekolah harus langsung melihat kelapangan.  Dalam hasil kunjungan ke sekolah banyak ditemukan terutama sekolah belum memiliki pagar bahkan tempat ruang toilet (WC). 

"Untuk tingkat kedisiplinan siswi sangat vital itu dengan adanya pagar sekolah. Ini yang belum efektif pembangunannya.  Ada sekitar puluhan sekolah belum memiliki pagar khusus di kecamatan Bengkalis, selain itu WC," kata Edi Sakura Rabu, 9 Nopember 2016.

Meski tidak ada diagendakan secara resmi dalam kunjungan seluruh sekolah -sekolah di kecamatan se-Kabupaten Bengkalis tersebut. Menurut Edi Sakura dalam hal ini guna untuk melihat juga seberapa besar tingkat kedisiplinan guru dalam kehadiran. Bahkan diketahui kunjungan tersebut tanpa diwakili dari staf disdik Bengkalis.

"Selama kunjungan ke sekolah guru hadir semua. Sedangkan siswa dalam keadaan sedang belajar," katanya.

Lebih lanjut Dijelaskannya setelah kunjungan terakhir nantinya di kecamatan Rupat utara pihaknya akan menjadikan temuan tersebut sebagai bahan untuk skala prioritas dalam pembangunan ditahun 2018.

Terakhir dikatakanya hasil survey kesekolah tersebut juga sejumlah sekolah jika datang musim hujan halaman sekolah banjir dan ini sangat memperhatikan bahkan ditemukan atap yang bocor.

"Dari sekolah yang dikunjungi ada sejumlah sekolah yang sudah memenuhi standar artinya sudah memadai dari segi sarana dan prasarana,"puji Edi Sakura mengakhiri.**(put)