JAKARTA -- gaungriau.com --Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menerima sertifikat WBTB (Warisan Budaya Takbenda) Indonesia dari Kemendikbud RI yang diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid di Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018 malam.

Riau mendapatkan 14 karya budaya yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia tahun ini.

Ada pun ke-14 karya budaya WBTB 2018 yang diterima Riau tersebut. Yakni Silek Tigo Bulan (Rokan Hulu), Ratik Bosa / Ratik Togak (Rokan Hulu), Lukah Gilo Riau (Rokan Hulu), Ghatib Beghanyut (Siak), Syair Siak Sri Indrapura (Siak).

Kemudian Tari Gendong (Siak, Meranti, Bengkalis), Kayat Kuansing / Kayat Rantau Kuantan (Kuantan Singingi), Nandung Indragiri Hulu (Indragiri Hulu), Silat Pangean (Kuantan Singingi), Belian (Pelalawan), Basiacuong (Kampar), Pantun Atui (Kampar), Badondong (Kampar), Kotik Adat Kampar (Kampar).

Direktur warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly mewakili Mendikbud dalam sambutannyamengatakan pelestarian warisan budaya perlu diperhatikan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemangku kebudayaan.

Menurutnya, ada berbagai kondisi yang dihadapi oleh warisan budaya salah satunya adalah terancam punah dan warisan budaya yang ada diperbatasan rentan pengakuan negara lain.

Kurangnya pengawasan budaya tak benda bedampak pada hilangnya identitas sebagai bangsa yang berkebudayaan.

"Oleh karenanya saya minta Gubernur, Bupati dan Walikota serta pemangku kebudayaan untuk melakukan pembinaan warisan budaya tak benda sebagai kekuatan budaya dalam pembangunan berkelanjutan" ujar mendikbud

Plt. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengapresiasi pengakuan pemerintah terhadap warisan budaya tak benda yang dimiliki Provinsi Riau.

"Riau ini kaya dengan beragam budaya, dan alhamdulillah diakui oleh pemerintah. Tentu saja kita patut bersyukur atas khazanah budaya yang kita miliki," ujar Wan Thamrin Hasyim.

Penyerahan WBTB yang dipusatkan di Gedung Kesenian ini, dibuka dengan penampilan Syair Siak Sri Indrapura.

Penyair Winda Harniati berhasil memukau sejumlah Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia yang hadir pada penyerahan sertifikat WBTB tersebut. Penampilan syair Siak menjadi promosi khasanah budaya Riau.**(rls)