• SD SMP Al-Ulum Pekanbaru

PEKANBARU--Gaungriau.com-- Kendati, Sekolah SD-SMP Al-Ulum merupakan salah satu sekolah swasta ternama di Pekanbaru. Namun, upah/gaji beberapa guru atau tenaga pendidik mereka masih ada jauh dibawah Upah Minimum Kota (UMK) Pekanbaru hanya diberi upah atau gaji kotor sebesar Rp1.500.000 per bulan. Padahal, UMK Pekanbaru tahun 2018 ini sebesar Rp2.557.486.


Sekolah SD SMP Al-Ulum yang berada dibawah Yayasan Al Ulum ini memiliki akreditasi A ini dan gedung megah tiga lantai berada di Jalan Tuanku Tambusai Nomor 696 Pekanbaru. Bahkan, tak tanggung-tanggung untuk masuk sekolah tingkat SD Al Ulum orang tua siswa harus membayar biaya total sebesar Rp17.000.000 dengan biaya SPP untuk tingkat SD sebesar Rp700 ribu per bulan.

Pengurus dan Konsultan Pendidikan Yayasan Islam Al-Ulum, Drs. Muhammad Yakub membenarkan gaji guru masih dibawah UMK Pekanbaru yakni sebesar Rp1.500.000. Gaji tersebut untuk guru-guru SD SMP Al-Ulum yang kontrak dengan durasi dua tahun.


"Untuk guru baru dan kontrak itu memang standar gaji kita Rp1,5 juta per bulan itu pendapatan kotor. Dan sebaliknya guru Yayasan dan berpengalaman lebih dari senior itu baru sesuai dan bahkan lebih," terang Yakub kepada wartawan, Rabu 31 Oktober 2018 di Kantor SD SMP Al-Ulum Pekanbaru.

Setelah selesai kontrak 2 tahun, kelanjutan nasib guru kontrak tersebut tergantung kepada pihak Yayasan Islam Al-Ulum. Bahkan, Yakub menyebutkan pihak Yayasan Islam Al-Ulum sering melakukan pergantian guru kontrak begitu selesai kontrak dua tahun dengan alasan tidak sesuai dengan kriteria dan keinginan pihak Yayasan Islam Al-Ulum.


"Iya (sering ganti guru kontrak, red), kalau ngak cocok, untuk apa kita pertahankan," bebernya ketika ditanya apakah sering lakukan pergantian guru kontrak.

Ketika ditanya apakah total guru dan karyawan SD SMP Al-Ulum termasuk gaji atau upah yang dibayarkan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru. Yakub menerangkan tidak pernah tahu adanya yayasan melaporkan kendati pernah bertemu dengan pihak Disnaker ketika berkunjung ke SD-SMP Al-Ulum tersebut. Ia juga tidak yakin adanya pihak Yayasan melaporkan secara berkala atau setiap tahun kepada pihak Disnaker Pekanbaru.
"Saya rasa Disnaker tahu, Kita pernah jumpa pihak Disnaker karena pernah kemari. Itu ngak tahu saya (laporan berkala kepada Disnaker,red)," ujar Yakub.


Dijelaskannya, total jumlah siswa SD dan SMP Al-Ulum sebanyak 800 orang. SD-SMP Al Ulum merupakan Sekolah Full Day School masuk pukul 08.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Total guru dan karyawan SD-SMP Al-Ulum 75 orang.


"Untuk uang masuk SD Al-Ulum itu total Rp17 juta sudah termasuk uang pembangunan dan semuanya. Dan SPP untuk SD sebesar Rp700 ribu per bulan," tandas Yakub. ** (rud)