• Suasana Webinar International yang melibatkan tiga negara dan dibuka Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL di Gedung PPs Kamis 25 Juni 2020

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Bertempat di kampus Program Pasca Sarjana (PPS) Jalan Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru, Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL membuka Webinar International, Kamis 24 Juni 2020.

Webinar bertajuk, 'Sistem Pemerintahan Terendah di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam' itu menghadirkan pembicara dari ketiga negara.

Yakni Prof Dr H Yusri Munaf, SH, MHum dan Dr Rahyunir Rauf, MSi (Universitas Islam Riau/Indonesia), Assoc Prof Dr Halimah Binti Abdul Manaf (Universitas Utara Malaysia), Prof Datin Dr Faridah Jalil (Universitas Kebangsaan Malaysia) dan Dr Mariam Binti Abdul Rahman (Universitas Islam Sultan Sharif Ali/Brunei Darussalam). Sementara Dr Rendi Prayuda, SIP, MSi dipercaya menjadi moderator.

Rektor Syafrinaldi mengaku senang dengan kegiatan ilmiah itu dan memberi apresiasi tinggi kepada pascasarjana sebagai penyelenggara webinar. ''Saya mengapresiasi webinar antarnegara pascasarjana, hal ini menandakan bahwa intelektual kita masih tetap berfikir dalam kegiatan-kegiatan akademik di tengah wabah Covid 19,'' kata Rektor.

Kendati Covid 19 yang mewabah hampir di seluruh dunia telah menghentikan langkah kita bepergian untuk menghadiri kegiatan-kegiatan ilmiah seperti call paper, seminar dan lain-lain, bukan berarti kita berhenti pula beraktivitas akademik.

Ada tekhnologi yang mempertemukakan kita dengan semua akademisi di negara manapun berada. Tekhnologi zoom membuat kita dapat beraktivitas secara bebas. Bahkan dengan biaya yang jauh lebih ringan dibandi kita menyelenggarakan seminar melalui tatap muka.

Webinar internasional yang melibatkan Malaysia dan Brunei Darussalam ini merupakan moment luar biasa. ''Ini tandanya bahwa pascasarjana tidak diam. Terus bergerak dengan aktivitas ilmiahnya,'' kata Rektor.

Ia berharap, langkah pascasarjana dapat diikuti fakultas lain. ''Mari kita perbanyak acara-acara webinar semacam ini untuk kemajuan kampus. Mahasiswa pun dapat mengikuti dimana pun mereka berada karena webinar disiarkan secara live melalui media sosial termasuk youtube,'' tambah Syafrinaldi.

Turut hadir dalam pembukaan webinar Wakil Direktur II Pascasarjana Dr Effendi Ibnu Susilo, SH, MH, Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum Dr Surizki Febrianto, SH, MH, Ketua Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik Dr Morris Adidi Yogia, MSi, Dr Aryo Akbar, Lidia Febrianti Thamrin, SH, MH dan sejumlah mahasiswa pascasarjana.**(rls)