Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Fenomena penggunaan media sosial yang cenderung tanpa batas dikalangan remaja, membuat tim literasi media Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (FIKOM UIR) merasa harus turun tangan.

Kali ini sasaran tim literasi yang mengusung Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyasar kepada organisasi Ikatan Remaja Mesjid Al Ittihad (IRMI) Kelurahan Pebatuan – Pekanbaru.

Dyah Pithaloka M.Si selaku ketua TIM menyebutkan bahwa “IRMI yang kerap menjadi mitra pemberdayaan oleh FIKOM – UIR, sangat antusias menyambut kehadiran Tim di dalam ruang masjid. Bahkan saking antusiasnya, beberapa peserta yang belum masuk usia remaja tidak mau ketinggalan untuk mendengarkan informasi dan pencerhan dari tim yang hadir”.

Tim yang hadir diantaranya Dyah Pithaloka M.Si, Eko Hero M.Soc.Sc, Harry Setiawan M.I.Kom beserta dua orang mahasiswa aktif yaitu Syamsul Bahri dan Sekar.

"Kegiatan yang berlangsung lebih kurang 3 jam setelah bersama sama melaksanakan shalat zuhur bersama berlangsung sangat komunkatif. Materi disampaikan melalui permainan – permainan asah otak dan Tanya jawab," jelasnya.

M. Alif selaku Ketua Pengurus IRMI mengatakan kehadiran kajian-kajian remaja seperti ini sangat dibutuhkan oleh mereka, terutama kajian-kajian yang berkaitan dengan aktifitas keseharian. Bahkan mereka selaku remaja masjid terkadang merasa kesal dengan prilaku anak-anak yang ada.

"Contohnya kehadiran mereka ke masjid sebagai alasan dengan orang tua untuk dapat bermain games secara sembunyi sembunyi. Apalagi masjid ini bersebelahan dengan SD yang menyediakan fasilitas WIFI," ucapnya.

Lebih lanjut Alif menyampaikan sara terima kasih yang sebesar – besarnya dengan keghadiran Tim literasi FIKOM – UIR.

"Kedepan kami berharap aktifitas seperti ini dapat terus dilaksanakan ditempat kami. Bahkan kami siap bekerjasama dengan FIKOM – UIR," harapnya.**(rls/ko)