• Zulmansyah Sekedang

PEKANBARU -- Pada Senin 30 Januari 2023 mendatang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau kembali mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah.

Kegiatan yang digelar wartawan di Provinsi Riau ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI yang akan diselenggarakan di Kantor PWI Riau Jalan Arifin, Kota Pekanbaru.

Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang mengatakan, bakti sosial donor darah ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan PWI Riau. Dalam setiap kegiatan donor darah diselenggarakan, jumlah kantong darah yang dikumpulkan disesuaikan dengan HUT PWI.

"Kalau tahun lalu jumlah kantong darah yang ditargetkan dari 76 kantong berdasarkan HUT PWI, alhamdulillah, bisa terkumpul 100 lebih kantong darah. Sedangkan pada tahun ini kita menargetkan 77 kantong darah dan kita berharap semoga bisa lebih," kata Zulmansyah, Rabu (11/1/2023).

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan bakti sosial donor darah ini bekerjasama dengan Unit Transpusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Pekanbaru. Dan pesertanya selain berasal dari kalangan wartawan anggota PWI Riau, juga ada unsur TNI/Polri, Satpol PP, ASN, pegawai swasta dan komunitas serta masyarakat umum.

"Untuk jajaran TNI/Polri, Satpol PP, panitia segera menyurati Korem 031 Wira Bima, Lanud Roesmin Nurjadin dan Polda Riau serta Satpol PP. Dan Insya Allah, Danrem 031 WB, Danlanud dan Kapolda Riau akan mengerahkan personelnya ke PWI Riau untuk ikut menjadi peserta donor darah," ungkap Zulmansyah.

Untuk itu, Zulmansyah menghimbau dan mengajak seluruh pengurus dan wartawan anggota PWI Riau ikut serta mendonorkan darahnya. Sebab, beberapa tetes darah yang disumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain.

"Manfaat donor darah ternyata tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja, tetapi juga bagi para pendonor. Oleh karena itu, mari kita ramaikan dan sukseskan kegiatan donor darah yang akan kita selenggarakan nanti," ajak Zulmansyah.

Sementara itu, Koordinator Bidang Donor Darah, Budy Satria menambahkan, dalam kegiatan donor darah nanti akan ada terapi dan refleksi bagi peserta yang telah menyumbangkan darahnya. Untuk terapi dan refleksi ini, PWI Riau mendapat dukungan penuh dari praktisi terapis yang bisa menyembuhkan beberapa gangguan seperti saraf terjepit, kolesterol, jantung, darah tinggi, mata kabur dan lainnya.

"Selain kehadiran terapis, PWI Riau juga akan menghadirkan pemeriksaan kesehatan gratis dari beberapa rumah sakit yang ikut berpartisipasi dalam baksos donor darah kali ini," kata Budy. (rls)