RUPAT -- Ribuan masyarakat Rupat dan sekitarnya tumpah ruah menghadiri tabligh akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS). Kegiatan religi yang diinisiasi Majelis Taklim Amanah Pulau Rupat ini dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Pangkalan Nyirih, Rupat, Sabtu malam, 14 Januari 2023.

Meski kondisi lapangan becek dikarenakan diguyur hujan disiang harinya, namun tak menyurutkan antusias masyarakat melihat secara langsung da'i kondang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini.

Tabligh akbar dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Camat Rupat Aulia Army Effendy.

Dalam sambutannya, Aulia mengatakan bahwa membangun daerah ini, Pemkab Bengkalis tidak saja terfokus pada pembangunan infrastruktur dan jasmani masyarakat saja.

Tetapi pembangunan rohani masyarakat tetap menjadi perhatian, sebagaimana tertuang dalam salah satu misi Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso yakni penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang berkarakter.

"Agar di Kabupaten Bengkalis ini terbangun masyarakat yang berkarakter, berintegritas, maju dan sejahtera baik lahir maupun bathin", ucapnya.

Sementara, Nur Azmi Hasyim, pengurus majelis taklim yang berjasa karena telah menghadirkan UAS adalah janjinya kepada masyarakat Rupat enam tahun silam lalu.

"Mendatangkan UAS di tengah-tengah masyarakat Rupat adalah janji saya enam tahun lalu. Semoga kehadiran tuan guru membawa berkah untuk pulau ini," harapnya.

UAS dalam ceramah agamanya menyatakan kekagumannya atas anugerah yang Allah berikan kepada masyarakat Pulau Rupat.
Rupat dianugerahi tanah yang subur, alam yang indah, dan hasil laut berlimpah.

"Pantainya juga cantik karena berbatasan dengan Selat Malaka" ucapnya.

Untuk itu UAS mengajak seluruh masyarakat agar menjaga pulau ini dari perbuatan munkar.

Selain itu, penceramah yang sering tampil di TV nasional itu mengapresiasi adanya pesantren-pesantren yang berlokasi di Pulau Rupat.

Seperti Pesantren Al Fatah cabang Temboro, Al Hidayah Baznas dan Diwanul Muhibbin. (put)