Gaungriau.com, Pekanbaru -- Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Sri Indarti SE MSi meninjau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di beberapa lokasi ujian yang ada di kampus UNRI dan Mitra, Senin 8 Mei 2023.

Sebanyak 21.830 orang peserta melaksanakan UTBK-SNBT di Pusat Lokasi UNRI, Rektor UNRI mengapresiasi kesiapan panitia untuk pelasanaan ujian ini. “Alhamdulillah proses UTBK-SNBT terlihat berjalan lancar setelah kita mengunjungi beberapa kelas. Ini adalah proses seleksi yang sesuai dengan arahan Kementrian, Semua SOP pelaksanaan berjalan dengan baik," ujarnya dilokasi ujian Kampus Gobah UNRI.
Pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2023 ini dilaksanakan dalam 2 gelombang yang dimulai pada hari ini, untuk gelombang pertama dilaksanakan pada 8-14 Mei 2023 sedangkan gelombang kedua dimulai pada tanggal 22-28 Mei 2023 dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya.

Pada kesempatan itu, Guru Besar Bidang Manajemen SDM ini, menjelaskan nilai yang diperoleh dalam UTBK-SNBT kali ini akan menjadi penentu bagi peserta untuk bisa bersaing dan lulus pada Program Studi maupun Perguruan Tinggi yang dipilihnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Dr Mexsasai Indra SH MH, menuturkan dari sisi kelembagaan pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2023 ini dilaksanakan oleh lembaga yang berbeda pada sebelumnya meskipun secara nomen klatur dulu LTMPT kemudian sekarang Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) untuk menjadi penyelenggara Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), tapi dari sisi pelaksanaan teknis sebetulnya tidak banyak berubah atau berbeda.

“Lokasi pelaksanaan UTBK di UNRI ada dua lokasi, untuk mitra 5 lokasi, sementara dari sisi ruangan adapun julah ruangan yang digunakan terdiri dari 46 ruangan. Antara lain 27 ruangan dari internal UNRI, sementara 19 ruangan dari mitra. Dari jumlah komputer yang dibutuhkan ada 960 unit komputer, sementara ketersediaan yang ada di UNRI 580 unit, untuk mitra 380 unit,” urainya.

Saat ini, Kementerian melalui kebijakannya mendorong seluruh proses tahapan Seleksi masuk perguruan tinggi bisa dilaksanakan secara transparan dan akuntable. Oleh karena itu, Ia mengharapkan pihak-pihak yang terlibat dalam UTBK-SNBT Tahun 2023 ini bekerja secara profesional dan penuh integritas. (rls)